ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Mereka Yang Menunggu Liburan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ujian akhir semester (UAS) genap telah berakhir dua minggu lalu. Di beberapa jurusan sudah mulai tampak sepi dan hanya kelihatan beberapa mahasiswa yang masih disibukkan dengan urusannya masing-masing. Namun begitu, ada sebagian jurusan yang masih dipadati mahasiswanya.

Sebut saja jurusan Statistika, Teknik Kimia dan Teknik Perkapalan. Meskipun UAS telah berakhir semenjak 5 Juni lalu tetapi beberapa di antara mereka masih harus menjalani ujian lainnya ataupun menyelesaikan urusan administrasi. Bahkan ada juga yang rela tidak pulang demi menyelesaikan Tugas Akhir.

"Aku terakhir UAS tanggal 2 Juni lalu, tapi nggak langsung pulang karena di sini masih ada kegiatan. Lagipula aku masih harus mengurusi ekivalensi kurikulum baru," ujar Juni. Mahasiswa Statistika yang juga tergabung dalam OC Integralistik Workshop (IW) 04 ini mengaku tidak banyak mahasiswa dari luar kota yang mau menunggu jadwal ekivalensi. Kebanyakan mereka minta dihubungi kalau ada kabar terbaru tentang masalah ekivalensi tersebut, tambah Juni.

Hal yang sama diungkapkan oleh Diaz. Mahasiswi Teknik Kimia angkatan 2003 inipun harus rela menunda kepulangannya setelah menyelesaikan masalah ekivalensi di jurusannya. "Tadinya habis UAS mau langsung pulang, tapi malah diajak temanku ikut IW 04. Ya udah, sekalian aja aku pulangnya nunggu habis ekivalensi sambil nunggu semua nilaiku keluar," tutur gadis asal Madiun ini seraya tersenyum.

Sementara itu, lain halnya yang diungkapkan oleh Rony dan Dwi. Sementara mahasiswa yang lain telah pulang ke kota asal, mereka bersama beberapa mahasiswa lainnya masih harus tinggal untuk menjalani ujan lainnya. "Kalau UASnya sudah selesai sejak 2 Juni. Tapi sekarang ini aku masih harus ujian Tugas Rancang," ujar Dwi. Mahasiswa Teknik Perkapalan semester IV ini mengaku setiap hari masih harus ke kampus untuk membetulkan gambar dan mencari dosen yang terkadang tidak muncul setelah ditunggu seharian.

Lain dari itu ada pula mahasiswa yang memilih untuk tetap di Surabaya dengan alasan sedang mengerjakan Tugas Akhirnya. "Sebenarnya aku sudah nggak ada kuliah lagi, semester ini cuma ambil TA aja," kata Rina. Mahasiswi Matematika yang telah mengganti judul TA sebanyak tiga kali ini mengaku saat ini dirinya sendirian di kos. Teman-teman sudah pulang sejak seminggu lalu, keluh gadis asal Malang ini. (sep/ryo)

Berita Terkait