ITS News

Rabu, 08 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Menuju Mubes III ITS (perjalanan 2)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertempat di gedung BAUK lt. 2 ITS, Surabaya. Tanggal 15 Agustus 2001, peserta lokakarya antusias menyimak paparan yang disampaikan oleh tiga panelis badan pekerja (Ad Hoc) Musyawarah Besar (Mubes)III ITS, yaitu Purwito Priambodo, Ira Rahmawati, dan Yudistira.

Lokakarya yang sebelumnya didahului dengan sambutan dan pembacaan doa ini mendapatkan banyak masukan dari ketiga puluh enam peserta yang berasal dari semua elemen mahasiswa. Dituliskan juga usulan Himpunan mahasiswa yang dilakukan pada saat penjaringan aspirasi oleh departemen dalam negri beberapa waktu yang lalu.

Berikut ringkasan dari berkas tulisan yang dibagikan ke peserta, berisi :
A. Filosofi dasar, yaitu besarnya peran mahasiswa pada masa depan bangsa, maka perlu dibuat pola pengembangan SDM yang berdaya tepat guna dan profesional, sehingga cita-cita untuk mencetak pemimpin bangsa tidak sekedar ucapan tapi juga kenyataan.

B. Analisa kondisi kekinian mahasiswa ITS, dari kondisi obyektif bahwa belum mengakarnya iklim dan budaya ilmiah, memandang IPK sebagai tolak utama, dan aktualisasi mahasiswa yang cenderung menurun sehingga kerja lembaga menjadi lamban dan cenderung bersifat birokratis.

C. Model ideal mahasiswa, yang digaris bawahi adalah 3 potensi dasar yaitu aspek fisik, aspek akal pikiran, dan aspek moralitas.

D. Proses pencapaian, berdasarkan kondisi ideal yang diharapkan dalam tiga tahapan yaitu :
1. Tahapan pengenalan, dengan adaptasi pada lingkungan baru, pemberian skill dasar, dan basik keilmuan pada jurusan.
2. Tahapan pemahaman/pembentukan, dengan internalisasi nilai pemahaman dan aktualisasi potensi dan peran kolektif.
3. Tahapan Pengorganisasian/Pengabdian, dengan pematangan pribadi sehingga ada tindakan yang mencerminkan suatu nilai dan dapat berperan di masyarakat

Kepada ITS Online panitia penyelenggara memberitahukan bahwa jadwal sempat molor selama setengah jam untuk menunggu peserta yang hadir." Sebenarnya jadwal 10.00, tapi yah biasa lah," kata salah satu Organizing Commitee acara tersebut dari BEM. (tin)

Berita Terkait