ITS News

Jumat, 07 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

Mengunjungi tenda aksi Indahnya Bersama BEM ITS "Mbak, saya diterima di sini, daftar ulangnya di mana?&quot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Di belakangnya, dua pemuda lain turut memperlambat laju kendaraan. Mereka ini juga memarkir motor tepat di depan meja panjang, bertuliskan Posko Bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS. "Mbak, saya diterima di sini, daftar ulangnya di mana," tanya Angga kepada seorang mahasiswi ITS.

Arek Jl Ikan Tongkol itu diterima di Prodi Desain Produk ITS, namun tak tahu ke mana daftar ulangnya. Seorang mahasiswi anggota BEM lantas memandu alumni SMUN 8 dengan cara memperlihatkan peta gedung-gedung di kompleks ITS.

"Anda harus membayar SPP dan lainnya di Bank BNI ITS lalu mengisi formulir di Bagian Administrasi Akademik (BAAK). Di situ tempatnya," kata Diah, anggota BEM ITS sambil menunjuk kantor BAAK di lembaran peta kompleks ITS.

Setelah Angga berlalu, pemuda tanggung bernama Azis giliran mendatangi Posko Bersama BEM dari belakang. Dengan santun pemuda berambut tipis ikal itu tanya kepada relawan BEM. "Fakultas Teknik Industri niku teng pundi (itu di mana)," ujar Azis.

Karuan saja, anggota BEM serentak menoleh ke belakang. Akhirnya, seorang diantara mereka menunjukkan lokasi kampus Fakultas Teknik Industri. Azis menyatakan ingin daftar di program Diploma Teknik Industri ITS. Lulusan SMUN di Tulungagung itu tak diterima dalam SPMB 2002.

Tak hanya Angga dan Azis yang butuh bantuan relawan BEM ITS. Hampir seharian Posko Bersama itu melayani pertanyaan sekitar 1.530 mahasiswa baru ITS yang diterima melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2002.

Mulai Senin (5/8) lalu, BEM ITS mendirikan empat Posko Bersama. Posko yang dijaga 5-6 orang itu disebar di Bundaran ITS, pertigaan Teknik Elektro, pertigaan GOR ITS dan BAAK. Aksi bertajuk Indahnya Bersama BEM ITS ini direncanakan berlangsung hingga 23 Agustus 2002.

"Kompleks ITS sangat luas. Kasihan bagi mereka yang belum pernah ke sini. Apalagi saat ini cuacanya panas," tutur Diah.

Menurut Presiden BEM ITS, Nugroho Fredivianus, Posko Bersama juga menyampaikan informasi tentang beasiswa. Tak kalah pentingnya, mereka mengenalkan keberadaan BEM ITS.

Posko Bersama BEM ITS sengaja digelar di tempat strategis untuk memudahkan mahasiswa baru yang daftar ulang. Posko itu menempati lokasi di bawah pohon yang cukup rindang.

Di luar BEM, kelompok mahasiswa ITS lain juga menggelar posko, diantaranya Posko Lumajang. Posko yang digelar anak-anak ITS anggota Ikatan Mahasiswa Lumajang di Surabaya (Imajaya) ini memandu maba khusus dari Lumajang.

"Sekalian kami mendaftar maba Lumajang menjadi anggota Imajaya," kata Taufiq Hariadi, koordinator Posko Lumajang. (priyanto)

Berita Terkait