ITS News

Jumat, 24 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Mau order joki? ke sini aja mbak!

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) diadakan serentak se-Indonesia pada tanggal 2-3 Juli 2002, tak terkecuali di ITS. Kampus perjuangan ini menyediakan kuota sejumlah 4320 peserta ujian kelompok IPA.

Umumnya, peserta ujian yang berlokasi di ITS merupakan peserta veteran, lulusan angkatan 2000 atau 2001, ataupun juga siswa lulusan baru yang mendapatkan dana BMU ( Beasiswa Mengikuti Ujian ). Tampak kesibukan para peserta mencari lokasi ujian sehari sebelum tes digelar.

Sudarmanto, satu dari sekian peserta seleksi yang berlokasi di kampus ITS, mengaku dirinya bingung saat memasuki kampus di Sukolilo ini. Ia baru dua kali menginjakkan kaki di Surabaya. Untungnya ia ditemani oleh seorang mahasiswa ITS, sehingga ia langsung dapat menemukan lokasi ujiannya. "Wa…kalau nggak ada mas ini (menunjuk ke temannya,red) saya sudah kesasar, lha wong ITS itu besar sekali!" kata lelaki yang berasal dari Lamongan ini.

Lain Sudarmanto lain pula Rony. Bila peserta lain bingung mencari ruangan ujiannya, ia tak perlu serepot itu. Maklum, Rony saat ini tercatat sebagai salah satu mahasiswa teknik di ITS. "Saya ikut tes ini untuk menguji kemampuan saya, kalau diterima ya saya masuki,"ujarnya. Ia mengaku persiapan mengikuti seleksi ini kurang maksimal karena dalam bulan ini pula pria bertubuh kurus ini mengikuti kuliah Semester Pendek.

Tak pelak, aktivitas ini terkadang menimbulkan keisengan mahasiswa untuk menggoda peserta yang lewat di sekitarnya. Ini terjadi di kampus Teknik Mesin. "Mbak-mbak, mau order joki? ke sini aja!" celetuk seorang mahasiswa yang nongkrong di plaza. Aksen menggoda berubah jika yang lewat adalah laki-laki. "Waduh ..kalau tampangnya serius nggak bakal diterima deh!"ujar yang lain setengah menyindir.(tov)

Berita Terkait