ITS News

Kamis, 01 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

MASYARAKAT ITS MAU MENGAMBIL TANTANGAN?

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Masih dalam rangkaian ICE ITS Kantin, Rabu(24/4) lalu digelar diskusi yang bertema Menggugat Peran ITS di Tingkat Nasional. Diskusi yang menghadirkan Pembantu Rektor IV, Dr.Daniel M Rosyid, sebagai wakil dari pihak birokrat ITS, dan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS, Nugroho, sebagai wakil dari Mahasiswa ITS sedikit banyak mengungkap fakta baik dan buruknya ITS untuk digunakan sebagai pengembangan di masa mendatang.

Ada satu pertanyaan dasar yang harus dijawab civitas akademik ITS jika memang kemajuan berskala nasional ingin dicapai, apakah mahasiswa ITS mau berubah ? Apakah Mahasiswa ITS mau mengambil tugas yang lebih besar ? "Pertanyaan ini tidak hanya diajukan pada mahasiswa tetapi juga dipertanyakan kepada seluruh masyarakat ITS," ujar Daniel M Rosyid disambut anggukan kecil dari beberapa pendengar.

Menurut Daniel M Rosyid keberhasilan suatu perguruan tinggi sekarang tidak lagi di nilai berdasarkan jumlah lulusan dan nilai indeks prestasinya, tapi lebih pada berapa banyak lulusan ITS yang berwirausaha. Pendapat tersebut disambut baik oleh Nugroho, wakil mahasiswa ITS. Untuk menunjang lingkungan berwirausaha yang kompetitif, masing-masing pihak telah mengusahakan langkah-langkah yang mampu memupuk jiwa kewirausahaan masyarakat ITS mulai dari seminar, pelatihan sampai kepada prakteknya.

BEM ITS, menurut Nugroho, telah melakukan beberapa modifikasi pada program kegiatan ke depan, salah satunya adalah dengan sistem tender. "Diharapkan mahasiswa pelaksana dengan sistem ini akan lebih tertantang jiwa kewirausahaannya," tambah Nugroho.

Selain dengan wirausaha Daniel M Rosyid juga berharap mahasiswa tidak melupakan studi mereka. "Bagaimana mau maju kalau rata-rata waktu kelulusan saja masih sepuluh semester," ujar Daniel.

Ada tekad yang terungkap dalam diskusi tersebut. Baik mahasiswa maupun pembesar ITS sepakat bahwa peran ITS di tingkat nasional harus lebih baik lagi. Cara apa pun untuk tercapainya tujuan bersama tersebut akan dicoba, dan tentunya dibutuhkan kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat.(alin/sa)

Berita Terkait