ITS News

Selasa, 28 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Manajemen Teknologi Perlu Untuk Semua Pemimpin

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Semua jurusan yang ada di ITS tidak bisa berdiri sendiri, perlu adanya kerjasama dengan jurusan lain. Seperti halnya dalam proses pembangunan sebuah rumah, dibutuhkan orang yang menangani listrik bangunannya maupun artistiknya," papar Ir Gunawan Wirautama direktur PT Pupuk Kaltim.

Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan manajemen teknologi untuk dapat menghubungkan semua keahlian yang ada. Tanpa memahami manajemen kita hanya akan menjadi kuli intelek. Seseorang dikatakan professional jika orang tersebut mau, mampu dan tahu apa yang harus dikerjakan dengan baik dan benar, apapun pekerjaannya.

Rai, salah seorang peserta diskusi, menanyakan apakah semua pemimpin harus tahu detil kerja bawahannya? Dengan tegas Gunawan menjawab, "Cukup mengerti garis besarnya saja tidak perlu detl," jawab Gunawan yang membawa beberapa staffnya langsung dari Bontang.

Gunawan menambahkan, idealnya untuk menjadi seorang pemimpin adalah mengetahui teknologi yang dikuasai oleh bawahannya. Tidak perlu mempelajari secara detil, tetapi hanya mengetahui sebagian besarnya saja. Seorang pemimpin harus dapat menghargai bawahannya, karena dia tidak dapat bekerja sendiri.

Tidak hanya hard skill saja, namun soft skill juga dibutuhkan berdasarkan pekerjaan yang diinginkan seperti IQ (Intellegence Quality), EQ (Emotional Quality), SQ (Spiritual Quality) dan AQ (Adversity Quality).

"Keberhasilan didapatkan apabila tujuan dapat tercapai sesuai dengan target yang diinginkan. Dan sebagai penentu keberhasilan adalah 5 I yaitu IQ, Intuisi, Inisiatif, dan Insya Allah dengan bantuan Tuhan kita dapat meraihnya," tutupnya mengakhiri diskusi.

Selain dari mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh dosen-dosen. Acara yang berlangsung selama 2 jam ini diakhiri dengan pembagian door prize dan penyerahan plakat dari HMTC untuk pembicara. (ann/har)

Berita Terkait