ITS News

Minggu, 04 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Mahasiswa S3 Bergelar Profesor

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertambah satu lagi guru besar di lingkungan jurusan teknik kimia, Prof.Ir.Ali Alyway M.S. Dalam orasi ilmiahnya, alumnus University of Wisconsine USA ini mengambil tema "Pentingnya Fenomena Transport Pada Perancangan Sistem Reaktor Tangki Teraduk."

Menurut dosen yang masih melanjutkan studi program S3 di ITS ini menjelaskan tentang pentingnya sistem rekator tangki teraduk dalam industri. "Tangki teraduk banyak digunakan dalam industri-industri kimia, farmasi, makanan dan kilang minyak untuk tujuan proses yang sangat luas," jelas dosen yang pernah mendapat penghargaan sebagai dosen teladan ini.

Pria kelahiran 51 tahun silam ini memang telah banyak menelurkan penelitian-penelitian ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional. Didukung dana penelitian melalui proyek URGE Batch II dan IV, guru besar yang keempat di lingkungan Teknik Kimia ITS ini mempublikasikan penelitian ilmiahnya di tingkat internasional.

Pada tahun 2001, dosen yang telah mengabdi selama lebih 25 tahun ini telah mempresentasikan hasil penelitian ilmiahnya di 4th Internasional Symposium on Mixing in Industrial Process di Prancis.

Di akhir orasinya, Ali Altway menekankan bahwa untuk merancang suatu proses didalam reaktor tangki teraduk perlu diperhatikan fenomena transport yang terjadi didalamnya. "Karena fenomena transport ini berpengaruh terhadap jalannya proses." terang mahasiswa program doktor ini. (lut/har)

Berita Terkait