ITS News

Selasa, 29 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Mahasiswa ITS Pamer Prestasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sabtu, 22 Feb 2003
SURABAYA – Mulai dari robot becak hingga kapal maritim challenge yang mendapat penghargaan dari AS. Berbagai prestasi mahasiswa tersebut dapat disaksikan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (Pimits) VI yang diselenggarakan di kampus ITS Sukolilo pada akhir bulan ini.

Menurut Pembantu Rektor (Purek) III ITS Ir Soemartojo, Pimits ini diselenggarakan untuk memacu motivasi belajar mahasiswa. "Kami berharap karya mahasiswa berprestasi yang dipamerkan ini mampu menggugah semangat belajar bagi mahasiswa lainnya," ungkapnya.

Selain itu, kata Soemartojo, event tahunan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan hasil karya mahasiswa ITS ke masyarakat luas. Terutama hasil karya mahasiswa yang sifatnya memasyarakat atau dapat dipergunakan untuk kehidupan sehari-hari. "Siapa tahu hasil penemuan mahasiswa ini mampu mempermudah kehidupan masyarakat luas," katanya.

Soemartojo lalu mencontohkan kapal penangkap udang rancangan Poltek Perkapalan ITS yang dapat digunakan oleh nelayan di pesisir laut Jawa. "Ini adalah salah satu contoh rancangan mahasiswa kami yang dapat mempermudah pekerjaan nelayan penangkap udang," paparnya.

Selain robot becak, kapal maritim Challenge dan kapal penangkap udang, sejumlah karya mahasiswa ITS lainnya juga akan dipamerkan dalam Pimits VI ini. Di antaranya robot hexapot (berkaki enam) yang mirip robot pendarat dalam misi penerbangan NASA ke Planet Mars. Juga, ada perahu yang mampu menjelajah rawa-rawa atau hovercraft yang baru-baru ini diperkenalkan oleh mahasiswa tehnik mesin ITS. "Karya-karya itu juga akan turut meramaikan pekan ilmiah ini," tandas Soemartojo.

Sementara Ketua Pelaksana Pimits VI Rizki Ilham menyatakan bahwa dalam pekan ilmiah kali ini akan diikuti 50 stand dari dari 32 jurusan di ITS. "Mereka semua sudah memastikan diri untuk mengikuti pekan ilmiah tahunan ini," kata mahasiswa Teknik Lingkungan tahun 2000 ini.

Di samping pameran berbagai hasil karya mahasiswa ITS, Pimits VI juga mengadakan seminar dan bursa kerja bagi mahasiswa. "Sampai hari ini sudah 11 perusahaan yang menyatakan siap untuk mengikuti bursa kerja di Pimits VI," katanya. Termasuk beberapa perusahaan swasta nasional seperti HM Sampoerna dan BCA.(agt)

Berita Terkait