ITS News

Senin, 27 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

M Nuh rektor termuda

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Senin, 17 Pebruari 2003

Pelantikan M Nuh sebagai Rektor ITS ini merupakan sejarah baru karena doktor kelahiran 1959 ini merupakan rektor PTN termuda di Indonesia saat ini.

Namun Proses pelantikan Dr Ir M Nuh sebagai rektor baru ITS, sempat diwarnai aksi mahasiswa. Sekitar 25 mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) usai pelantikan menyerahkan sebuah keranjang tikus kepada Mendiknas Malik Fadjar.

Kepada Surya, M Nuh menuturkan beberapa pemikirannya ke depan setelah dilantik menjadi rektor. "Ada beberapa hal penting yang harus kita pahami tentang perguruan tinggi (PT). PT merupakan tempat "training terakhir" sebagai human skill provider. Tempat orang-orang yang terlatih, punya dedikasi dan moralitas. PT itu tempat pengkaderan formal terakhir yang sangat strategis," ujar M Nuh.

Dikatakan Nuh, karena tempatnya yang strategis itu, maka PT harus menyadari peran dan fungsinya. Hal itu penting, jika PT tidak menyadari fungsinya sebagai human skill provider, kadang-kadang lembaga itu hanya memikirkan bisnis murni dan melepaskan fungsi sosial mencetak kader-kader pemimpin bangsa.

"Kalau mereka berpikir yang penting mendapatkan keuntungan finansial, itu tidak benar! Kita memang tidak bisa mengabaikan aspek finansial, tapi jangan sampai itu dijadikan satu-satunya priroritas," terangnya.

PT juga harus mampu menjadi morale guardian, sebagai pengawal nilai-nilai moral. Karena perannya sebagai pengawal moral itu maka di samping sebagai tempat menyemai nilai-nilai moral etik, perilaku insan PT (mahasiswa dosen, karyawan) harus juga dilandasi moral etik itu.

"Yang ketiga, PTN juga harus menjadi alat pemersatu bangsa. Di PT itu tidak dikenal adanya persyaratan etnik yang berbasis unsur-unsur primordial," tutur Nuh. (tof)

Berita Terkait