ITS News

Senin, 17 Juni 2024
15 Maret 2005, 12:03

LOMBA BETON MUTU TEPAT 2004 (1)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Beton merupakan material yang sangat dominan pada bangunan. Tak mengheranhakn jika semua mahasiswa teknik sipil mahir dalam hal beton. Mulai dari proses pengadukan bahan sampai proses pengecoran beton. Namun, beton juga mempunyai beragam kualitas, tergantung dari proses pembuatannya. Karenanya, untuk memunculkan berbagai inovasi pembuatan beton berkualitas, teknik sipil ITS menyelenggarakan Lomba Beton Mutu Tepat (LBMT) 2004.

LBMT berlangsung selama dua hari (10-11/05) di teknik sipil ITS. Perlombaan ini diikuti oleh berbagai mahasiswa dari institusi seluruh Indonesia antara lain Unitomo Surabaya, ITB Bandung, Unsud Semarang dan masih banyak lagi. Untuk LBMT kali ini, teknik sipil ITS memang tidak mengirimkan wakilnya. "Ya, supaya fair saja ," terang Deny Purwa I, ketua panitia LBMT. Ini bisa dimaklumi mengingat LBMT diadakan di ITS dengan tim juri yang berasal dari ITS sendiri.

LMBT yang merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) ini, terbagi dalam dua tahap. Pada hari pertama, penilaian lomba lebih ditekankan pada pengujian kuat tekan beton. "Kuat tekan beton ini mempunyai prosentase tujuh puluh persen dari total penilaian," terang Ir. Mudji Irmawan,M.S; salah satu anggota tim juri.

Karena itu, kemarin bisa dikatakan sebagai babak penyisihan. Dari belasan tim peserta lomba, hanya lima tim yang boleh maju ke babak final. Lima tim tersebut adalah tim II UPN Surabaya, Untag Semarang, Univ. Muhammadiyah Surakarta, Univ. Bina Nusantara Jakarta, Unitomo Surabaya dan yang terakhir tim I UPN Surabaya. "Lima tim ini dipilih berdasarkan nilai mereka yang paling mendekati 50 mpa," terang Mudji pada saat pengumuman lima besar. Dan jawara LBMT ditentukan hari ini melalui presentasi makalah proses pembuatan beton. Pengumuman pemenang diperkirakan keluar sore ini juga.(rin/ryo)

Berita Terkait