ITS News

Kamis, 02 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Lift Rusak Pengunjung Terhibur

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sudah hampir dua minggu lift di perpustakan tidak berfungsi. Maka tak heran jika banyak pihak mengeluhkan hal itu. Khususnya para mahasiswa, karena untuk mengembalikan atau memperpanjang buku di lantai lima mereka harus naik tangga dulu ke lantai yang sama. Padahal sebelumnya pengembalian buku untuk lantai lima dapat dilakukan di lantai satu.

Menurut, Drs. Mansur Sutedjo, SIP, MSi, Kepala jasa penggunaan, sejak lift rusak sirkulasi dilakukan di lantai lima. Untuk itu bagi pengguna perpustakaan yang meminjam maupun pengembalian bukunya harus naik tangga ke lantai lima. "Kalau sirkulasi tetap dibawah, bisa jadi buku pengembalian akan menumpuk. Soalnya untuk membawa ke atas agak kesulitan," jelasnya.

Perlu diketahui, lift yang dipunyai perpustakaan 2 buah. Namun yang digunakan hanya lift yang otomatis saja. Sedangkan untuk lift manual masih diperbaiki untuk diganti dengan sistem otomatis. Dan sampai sekarang masih menunggu komponen dari Jepang.

Sedangkan kerusakan lift otomatisnya disebabkan adanya lampu mati. Sehingga ada satu bagian yang rusak. Padahal bagian ini telah diganti. "Untuk itu diperlukan penggantian secara keseluruhan dari bagian yang rusak itu, yang harganya sekitar 28 juta," terangnya sambil memeriksa buku yang keluar.

Meski begitu tampaknya pengunjung tetap terhibur, setelah adanya satu perangkat elektronik dengan monitor layar sentuh (Touch screen) yang diletakkan di lantai satu. Perangkat ini dapat memutarkan musik mulai dangdut sampai klasik. Di samping pengguna juga mendapatkan informasi mengenai berbagai hal tentang kota Surabaya, yang ditampilkan pada monitornya. "Perangkat ini berasal dari Pemkot Surabaya, untuk memperkenalkan pariwisata," katanya.(rom/bch)

Berita Terkait