ITS News

Minggu, 04 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Langkah Awal Peduli Lingkungan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengusung tema ‘Penerapan Kesadaran Lingkungan Sejak Dini', Kelompok Pecinta dan Pemerhati Lingkungan (KPPL) Teknik Lingkungan ITS, mengajak masyarakat peduli lingkungan. Seminar lingkungan ini diikuti oleh ratusan siswa SMU se-Surabaya dan berlangsung selama dua hari (06-07 Maret).

Menurut Dicky, koordinator acara, seminar ini memang membidik siswa-siswa SMU sebagai peserta. Mereka diharapkan akan memberikan tindakan nyata untuk melestarikan lingkungan di sekolahnya masing-masing. "Dan itu, bisa mereka bawa juga sampai ke lingkungan tempat tinggal masing-masing," harap cowok berambut keriting ini.

Seminar lingkungan yang merupakan bentuk pengabdian KPPL TL ITS kepada masyarakat ini disusun dalam dua sesi. Sesi pertama (06/03) berupa pembukaan wacana dari peserta seminar dengan pemberian materi dalam ruangan. Materi pembukaan tentang wacana lingkungan, diberikan oleh dua pembicara yaitu Ir. Rahmat Budi Santoso MT (ahli udara) dan Ir. Ellina S Padebesie (ahli sampah dan banjir). "Untuk pembicara, memang sengaja kita ambil dari TL sendiri karena kualitas dan perhatian kedua pembicara itu terhadap lingkungan hidup sudah tidak diragukan lagi," terang Dicky.

Sedangkan sesi kedua (07/03) dikemas dalam bentuk kegiatan outbound. "Untuk outbound, ditekankan pada praktek nyatanya," terang mahasiswa angkatan 2001 ini. Panitia menyediakan sekitar 40 pohon yang akan dibagikan ke tiap peserta. Masing-masing pohon tersebut akan ditanam di lingkungan sekitar gedung TL. "Dengan begitu, peserta bisa terlibat langsung dalam kegiatan pelestarian lingkungan," tegas Dicky.

Tanggapan dari peserta seminar lingkungan pun, positif sekali. Mereka merasa senang dengan adanya kegiatan semacam ini. Weni, peserta dari SMUN 7 Surabaya, mengaku wacana kepeduliannya terhadap lingkungan semakin terbuka. "Bagus dan bermanfaat sekali," tegasnya. Pendapat ini dikuatkan oleh Hendrik. "Tapi, kalau bisa, tanam pohonnya menyebar, tidak hanya di kampus," tambah peserta dari SMUN 4 Surabaya ini. Semoga saja, harapan Hendrik ini bisa terwujud dalam kegiatan KPPL tahun-tahun mendatang.(rin/Lin)

Berita Terkait