ITS News

Senin, 05 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

LAB TERAPAN BANTU PROSES MENGAJAR

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Laboratorium Fisika terapan, tentunya yang ada benak kita, berisikan peralatan yang berkaitan dengan fisika secara langsung. Tapi, untuk laboratorium ini berbeda. Bukannya mirip seperti laboratorium, malahan, lebih mirip studio televisi.

Di dalamnya terdapat sebuah perangkat MTVM (Meja Produksi Media TV Mandiri), sebuah perangkat yang dapat memproduksi secara langsung program video. Terdiri dari sebuah meja dengan 3 kamera, 2 buah VTR (Video Tape Recorder), VCD, dan beberapa peralatan multimedia lainnya.

Kesemuanya tersusun menjadi satu. Dan untuk mengendalikan itu, sudah disediakan tombol-tombol tertentu. Misalnya, tombol 1 untuk mengambil gambar untuk presenter atau mengendalikan kamera no 1. Begitu juga untuk tombol lainnya. Bahkan dengan menggunakan perangkat ini tidak hanya menampilkan gambar dari kamera saja. Melainkan dapat juga dari komputer maupun VCD.

"Kemudahan perangkat ini, terletak pada pengoperasiannya yang sangat sederhana. Untuk orang awam pun bisa untuk mengoperasikannya. Apalagi bagi mereka yang mengerti tentang multimedia tentunya akan lebih baik lagi," terang Prof.Drs. Sugimin,WW, perancang MTVM.

Disamping itu, laboratorium ini didukung dengan ruangan kedap suara. Agar pada proses pengambilan gambar kebisingan suara diluar tak begitu mengganggu. Serta background dari kain berwarna biru ditambah dengan logo ITS, agar terkesan artistik.

Sebenarnya, semua peralatan itu dari pusat TKPK (Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan) ITS, yang dulunya bertempat di jalan simpang dukuh 11 Surabaya. Pada tahun 1983 pusat TKPK-ITS diganti dengan Lab. Fisika terapan FMIPA ITS sampai sekarang sebagai hasil restrukturalisasi yang besesuaian dengan keputusan Mendikbud No.0144/0/1983.

Untuk kedepan, peranan laboratorium ini cukup besar, khususnya dalam proses belajar dan mengajar. Karena memungkinkan ditampilkannya sumber-sumber belajar atau materi pelajaran yang bisanya tidak ditampilkan oleh pengajar."Misalnya efek-efek gerak elektron, dengan menggunkan software dari komputer. Tentunya, dosen akan dapat menimbulkan motivasi belajar pada mahasiswanya,"katanya saat ditemui di laboratoriumnya.(rom/li)

Berita Terkait