ITS News

Selasa, 05 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Kuliah Istimewa di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

SURABAYA –Keduanya menyatakan pujiannya kepada PENS-ITS yang beberapa kali mengharumkan nama bangsa dengan prestasi mahasiswanya.

Bambang yang memang punya pengalaman mengajar tampil cukup komunikatif. Dia menjelaskan kondisi Surabaya, berikut berbagai persoalan yang dihadapi. "Ini Pasar Wonokromo. Nah, kalau ini letak kantor wali kota," tukasnya seraya menunjuk gambar di peta.

Tampaknya wali kota memaklumi bahwa tidak semua mahasiswa PENS-ITS berasal dari Surabaya. Sehingga dia perlu membeberkan tentang peta Surabaya sebelum masuk ke persoalan lebih jauh.

Sedangkan Konjen Jepang di Surabaya Minoru Shirota banyak mengupas pentingnya sumber daya manusia yang berkualitas untuk pembangunan sebuah kota maupun negara.

"Tapi, saya kagum dengan ITS. Namanya terkenal di Jepang. Tahun lalu, tim robot ITS kan sempat menang di Jepang," tuturnya.

Minoru juga mengatakan, dengan perkembangan PENS-ITS yang sedemikian pesat, dia yakin lembaga ini bisa mencetak generasi andal. "Dan memberikan sumbangan pemikiran yang berguna untuk kota ini," tegasnya.

Selain menggelar kuliah tamu, pada kesempatan itu pula diadakan taking over ceremony pejabat perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) di PENS ITS. Yakni dari Mr Osamu Makino (Chief Advisor) dan Mr Takashi Inoue (coordinator) kepada Mr Tsunenobu Miki dan Mr Shuji Tokumaru.

Sebelumnya, Osamu sudah tinggal di Surabaya sekitar 10 tahun. Semenjak awal berdirinya PENS-ITS hingga berkembang pesat dan telah meluluskan 1.500 sarjananya.

Kegiatan kemarin ditutup dengan penanaman pohon perdamaian sebagai simbol persahabatan antara perwakilan pemerintah Jepang dan pemerintah Indonesia di halaman PENS-ITS. (ani)

Berita Terkait