ITS News

Sabtu, 27 Juli 2024
15 Maret 2005, 12:03

Kolaborasi 4 Perguruan Tinggi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sambut 50 Tahun Pendidikan Fisika Teknik
SURABAYA – Kegiatan ini merupakan upaya Teknik Fisika untuk meningkatkan perannya di bidang medik.

Empat perguruan tinggi yang terlibat tersebut adalah ITB, ITS, Universitas Nasional (Unas) dan UGM. Kali ini ITS sebagai tuan rumah.

Menurut Rektor ITS Dr Ir Muhammad Nuh, masyarakat kita saat ini cenderung untuk memilih berobat keluar negeri daripada di negeri sendiri. "Mereka beranggapan peralatan di sana lebih canggih," ujarnya, kemarin.

Jika melihat hal itu maka persoalannya adalah masyarakat masih belum mempercayai kualitas instrumen medik yang ada di tanah air.

Hal itu dibenarkan Dr Ir Sekartedja, Msc, ketua panitia. Menurut dia, pelayanan kesehatan menyangkut banyak aspek, salah satunya berkaitan dengan instrumentasi medik. "Peralatan medik sangat diperlukan, sebab menentukan kualitas pelayanan kesehatan," tuturnya.

Untuk pengembangkannya, kata Sekartedja, tidak dapat lepas dari peranan ahli teknik. "Untuk itu perlu ada kerja sama antara ahli teknik dan ahli medis," jelasnya.

Karena itu, Teknik Fisika sebagai penyelenggara pendidikan instrumentasi medik berupaya untuk mengatasi problem tersebut. Langkah yang diambil adalah dengan membangun kemitraan dengan para dokter, masyarakat industri serta lembaga pelayanan kesehatan. Upaya itu dilakukan dengan menggelar acara seminar ilmiah nasional, workshop, dan pameran produk-produk instrumen medik.

Melalui acara ini diharapkan terbangun network antara ahli teknik dan ahli medis. Sehingga kedua dunia yang selama ini berjalan sendiri-sendiri itu dapat bersatu. "Dengan terbangun network, kami bisa saling melengkapi dan menginspirsi," tandas Nuh. (iin)

Berita Terkait