ITS News

Kamis, 01 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Ketangguhan NAJWA Harumkan Jombang (Kontes Robot-2)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menjelang detik-detik pembukaan acara kontes robot ITS, tampak beberapa orang yang tengah sibuk dengan berbagai macam kabel, baterai dan peralatan elektronik lainnya yang ada di hadapan mereka. Mereka adalah para peserta kontes robot ITS yang diadakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ( PENS ITS ) bersama mahasiswa dan alumni PENS ITS yang tergabung dalam BESTTECH PRO.

"Panitia memang telah menyiapkan satu ruangan khusus bagi para peserta, karena kami yakin mereka pasti butuh ketenangan untuk konsentrasi ketika harus merepair lagi robot yang telah mereka buat. Karena bisa jadi selama dalam perjalanan kemari robot mereka mengalami masalah, terutama peserta dari luar kota," ujar Hasan Firdaus, ketua panitia kontes robot.

Beberapa tim memang masih tampak sibuk dengan robot mereka, ada juga yang sudah yakin dan hanya mencoba robot buatannya. "Robot NGE-BOR buatan kami ini sudah finish sehingga tidak perlu diapa-apakan lagi. Tinggal dicoba baterainya saja. Tapi, nanti kalau selesai satu kali main harus diperiksa lagi," tutur Kris, salah seorang anggota tim NGE-BOR dari SMU 4 Pasuruan.

Sementara semua meja peserta terisi penuh oleh berbagai macam keperluan lomba, ada 2 meja yang kosong dan hanya ada papan nama tim bertuliskan LEOPARD dan HARIMAU. "Kedua meja itu disediakan bagi peserta dari SMU Muhammadiyah 2 Surabaya. Namun sayang, tak satupun dari kedua tim itu datang. Kita sudah coba untuk menghubungi mereka, bahkan kemarin ( 7/11 ) pun sudah kami telepon. Tapi jawaban mereka tetap sama. Mereka tidak siap untuk tampil dengan robot buatan mereka. Ya, apa boleh buat, terpaksa tim yang nantinya harus melawan LEOPARD dan HARIMAU cuma harus melawan waktu," terang Hasan.

Dalam lomba robot kali ini sistem yang digunakan adalah setengah kompetisi. "20 tim yang sudah tercatat sebagai peserta lomba dibagi kedalam empat group. Pada babak penyisihan, dari tiap group akan diambil dua tim terbaik yang selanjutnya akan berlaga pada babak perempat final. Jadi pada babak perempat final nanti ada 8 tim akan memperebutkan posisi di semi final. Mulai babak perempat final sampai final digunakan sistem gugur," terang Jatmiko, seksi acara sekaligus pemandu jalannya lomba. Untuk group A terdiri dari tim NAJWA, KHADIJAH, MANDA, DJO-KAMP dan ESCAPE. Tim EL-MAN, SKY, LEOPARD, SUKHOI 13 dan McGAYVER masuk dalam group B. Untuk group C terdiri dari tim NGE-BOR, APRI, PIE-BOEL, PC-GALS dan SUKHOI 33. Sementara itu, di group D ada tim RHE-001, DASH, HARIMAU, ROBO TA’ dan WARUI.

Peserta dari group A yang berhasil lolos ke perempat final adalah tim NAJWA asal Jombang dan KHADIJAH asal Surabaya. Dari group B tercatat tim EL-MAN dan SKY berhasil masuk perempat final. Kedua tim ini berasal dari luar kota, masing-masing dari Jember dan Pasuruan. Di group C, tim APRI asal Bangil dan tim NGE-BOR dari Pasuruan berhak maju ke perempat final. Sedangkan dari group D ada dua tim asal Surabaya yaitu tim DASH dan tim ROBO TA’ meninggalkan tim lainnya untuk maju ke perempat final.

"Setelah masuk perempat final kedelapan tim ini akan diacak lagi. Yang pertama main adalah NAJWA dari group A melawan robot APRI dari group C. Kemudian ada tim EL-MAN dari group B yang melawan ROBO TA’ dari group D," tutur Jatmiko. Sementara itu tim DASH dari group D bertemu dengan KHADIJAH dari group A. Terakhir tim SKY dari group B akan melawan tim NGE-BOR dari group C. "Kebetulan sekali kedua tim itu berasal dari sekolah yang sama yaitu SMU 4 Pasuruan. Ya, itu hanya kebetulan saja," tambah Jatmiko.

Dari kedelapan tim tersebut yang berhasil lolos ke semi final adalah EL-MAN dari MAN 1 Jember, NAJWA dari SMU Darul Ulum 2 Jombang, DASH dari SMKN 5 Surabaya dan NGE-BOR dari SMU 4 Pasuruan. Memasuki babak semi final, EL-MAN harus melawan DASH dan NAJWA melawan NGE-BOR. Hasil catatan waktu selama pertandingan pada babak semi final menunjukkan tim EL-MAN dan NAJWA berhasil lolos ke babak final dan berhak memperebutkan hadiah berupa uang tunai 1 juta dan trophy serta piagam. Untuk tim DASH dan NGE-BOR, mereka masih harus bertanding memperebutkan posisi juara III. Perebutan juara III itu dimenangkan oleh tim DASH dengan waktu 1 menit 16 detik dan tim NGE-BOR, mereka harus puas berada di posisi juara IV dengan waktu tempuh 1 menit 55 detik.

Di babak final EL-MAN berhasil mencapai garis finish dalam waktu 48.2 detik, sedangkan NAJWA mencapai finish 15,9 detik lebih awal dari EL-MAN, yaitu pada detik ke 32,2. Sehingga tim NAJWA dinyatakan sebagai pemenang dalam East Java Robot Contest 2003 kali ini dan berhak membawa pulang hadiah-hadiah yang telah disediakan oleh panitia lomba.(sept/har)

Berita Terkait