ITS News

Jumat, 07 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

KETANGGUHAN MESIN DIUJI di KENJERAN

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin ITS (HMTM-ITS) dan Mesin ITS autosport, mengadakan acara drag bike yang ke V, minggu kemarin (7/3). Dalam even itu mereka masih berpegang teguh pada slogan "no drugs". Menurut Gogon, sekretaris acara, digunakan slogan tersebut sebagai embel-embel dalam kegiatan kali ini untuk tetap mengkampanyekan bahaya narkoba di kalangan anak muda. Khususnya bagi mereka yang gemar mengebut.

"Jadi selain menunjukkan eksistensi Teknik mesin ITS diluar dan mengeliminasi budaya balap liar, acara ini juga membawa pesan anti narkoba," tegas mahasiswa angkatan 2001 itu.

Tampaknya salah satu tujuan kegiatan ini, menghancurkan budaya balap liar terwujud. Ini terbukti dengan jumlah peserta yang membludak. Tidak kurang dari 300 peserta ikut berpartisipasi.Meski panitia hanya menargetkan 250 peserta.

Disamping jumlah peserta yang membludak, jumlah penonton yang memadati pinggiran lintasan juga tak kalah heboh. Sebagian besar penonton memang penghobi automotif. Meski cuaca panas mereka tetap antusias melihat hiburan yang dibuat mahasiswa mesin ini.

Seperti, Rangga yang menonton ajang ini sejak even tahun lalu mengaku terhibur dengan diadakan acara ini. "Di even tahun ini untungnya tidak hujan seperti tahun lalu, dan serunya lagi ada kelas tambahan scooter,"tambah pengendara vespa ini.

Banyaknya jumlah peserta dan penonton dalam even yang telah jadi agenda Ikatan Motor Indonesia (IMI) JATIM ini juga menyimpan dampak yang besar bagi mahasiswa mesin ITS. HIMA jurusan yang terkenal solidaritasnya ini dituntut untuk kerja keras. Meski sebelumnya mengahadapi kendala dana. Namun, masalah tersebut dapat mereka atasi dengan baik, hal ini dapat dibuktikan dari total hadiah yang mereka berikan 30 juta

Tidak hanya itu saja. Kerja keras dari pihak panitia juga terbukti saat terjadinya kesalahan teknis yaitu sensor terganggu yang mengakibatkan acara terhenti selama beberapa jam. Sehingga panitia harus turun ke lintasan untuk menghalau penonton yang keluar batas trotoar.

Ketangguhan mahasiswa teknik mesin dalam mewujudkan Mesin Drag " NO Drugs" Bike 402 yang kelima ini juga membuktikan slogan uber alles(m6/rom)

Berita Terkait