ITS News

Rabu, 28 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

Kerinduan mahasiswa dengan pimpinan ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Beberapa hal berikut menjadi fokus Rektor ITS dalam uraiannya yang disampaikan secara langsung kepada ITS Online keesokan harinya setelah malamnya beliau menutup PP LKMM TD ITS 2003 di Gedung SAC.

PERTAMA
Dalam diri setiap mahasiswa harus selalu tertanam Semangat "student leader tomorrow". Bahwa mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan. Untuk itu seorang calon pemimpin harus mempunyai:

1. Ambisi/ kemauan untuk menjadi pemimpin
2. Kompetensi/ kemampuan diri
3. Integriti/ kemulyaan pribadi, termasuk di dalamnya adalah moral dan etika.

Pelatihan-pelatihan semacam LKMM ini adalah untuk mengkuatkan kompetensi dan integritas, sedangkan ambisi memang sangat personal dari pribadi masing-masing.

KEDUA
Persiapan ITS menuju PTBHMN (Perguruan Tinggi Berbadan Hukum Milik Negara). Keterlibatan semua elemen dan komponen di ITS, yaitu mahasiswa, dosen dan karyawan untuk membantu dan memberikan masukan-masukan dalam persiapan tersebut. Semua elemen harus mempunyai wawasan yang sama dan ikut terlibat dalam memikirkan ITS ke depan, termasuk dalam unit cost sekalipun. Langkah awal yang akan dilakukan adalah sosialisasi. Saat ini telah dibentuk Tim kecil untuk mengkaji/ meng-compare PTN dan PTBHMN dari sisi plus dan minus-nya. Kita mempunyai target Nopember 2003, ITS sudah siap PTBHMN.

KETIGA
Masyarakat ITS harus mulai terbiasa hidup dalam "alam multikultural". Kita harus siap dengan segala perbedaan, karena tren kedepan
akan banyak ditemui multikultural dalam segala bidang.

Pola pikir yang harus dikembangkan adalah pola pikir "sinergetik" bukan pola pikir "againts" atau melawan. Pola pikir sinergi adalah mencari kesamaan-kesamaan yang dapat menimbulkan "multiplikasi impact".

KEEMPAT
Potret kampus sangat ditentukan oleh potret kegiatan kemahasiswaan, ini akan menjadi "main indicator".

Kegiatan-kegiatan yang diadakan harus dapat mencari menu-menu baru agar tidak terjadi stagnan dan jenuh aktifitas. Semangat explore potensi-potensi hendaknya terus dikembangkan.

Banyak pertanyaan yang menunjukkan kerinduan mahasiswa akan forum diskusi antara mahasiswa dan pimpinan ITS seperti terjadi pada PP LKMM TD 2003 ini. Secara umum pertanyaan yang mengemuka adalah:

1. Harapan mahasiawa ITS akan suasana kampus yang bersih, rapi, aman, dan asri? Semua elemen ITS mempunyai keinginan dan tangung jawab yang sama untuk menciptakan kondisi itu.

2. Mau dibawa kemana pengembangan mahasiswa ITS? Spesifikasi produk ITS dalam hal ini adalah alumni harus dirumuskan. Tiga domain penting yang harus dimiliki seorang alumni:
– Etika domain
– Profesional skill domain
– Memiliki kepribadian Nasionalizm (semangat kebangsaan)

Selain syarat kredibel seorang alumni, yaitu:
– Kejujuran
– Profesional Skill
– Communication skill
– Komitmen

3. UPT-UPT belum berfungsi dengan baik, pemanfaatan hasil-hasil karya penelitian yang sampai saat ini lebih banyak bernilai sesaat daripada bernilai produktif adalah beberapa yang sempat dikeluhkan.

Terakhir sekali dari uraian ini adalah tentang "Pola Pengembangan Potensi Mahasiswa ITS" yang harus dipikirkan bersama sehingga terbentuk "blue print" bagaimana mahasiswa ITS itu.

(bch)

Berita Terkait