ITS News

Selasa, 31 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Kembang hias di wisuda ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Nggak beli bunga mas, buat temannya yang di wisuda…. Kalimat itulah yang muncul dari bibir Pungki Pramita, mahasiswa teknik industri ITS saat menawarkan bunga hias kepada orang tua mahasiswa wisudawan. Bunga hias yang dibuat dengan tangannya sendiri itu dijajakannya di depan Graha ITS, Minggu (9/3).

Pemandangan seperti yang dilakukan Pungki dan kawan-kawannya itu, Sabtu dan Minggu kemarin mewarnai prosesi wisuda di graha ITS. Tak hanya bunga hias, beragam suvenir lain juga ditawarkan seperti boneka wisuda, gantungan handphone, agenda ITS dan sebagainya. Mereka secara pribadi maupun berkelompok, masing-masing menjajakan hasil kreativitasnya tanpa malu-malu.

"Suvenir ini saya buat sendiri. Sejak tiga hari yang lalu dengan modal patungan, saya belanja bagian-bagian suvenir ini di Pasar Atum kemudian saya rakit sendiri," terang Pungki.

Dengan modal Rp 100.000, Pungki bisa membuat 12 biji boneka hias dengan harga jual Rp 10.000 – 15.000. Dengan jumlah suvenir yang tak seberapa banyak itu, Pungki mengaku tak mengharap keuntungan besar dari hasil jualannya.

"Terus terang saya baru pertama kali membuat hiasan seperti ini. Untuk membuat satu biji suvenir ini lumayan susah, jadi ya hanya buat 12 biji, kalau bisa habis sih untungnya sekitar Rp 100.000, " ujarnya.

Lain lagi dengan Andik, mahasiswa D3 Teknik Mesin ini bersama teman-temannya satu kosnya malah mendirikan tenda untuk menjual berbagai paket suvenir, mulai minuman, stiker, gantungan kunci, kembang mawar dan pernik lainnya.

"Sebenarnya kami juga mau jualan bunga hias seperti yang lain. tapi wisuda kali ini kok terlalu banyak, jadi kami jualan yang lain," ujar Andik.

Berbeda dengan Pungki, suvenir yang dijual Andik lebih banyak dari barang-barang titipan yang diambil dari tempat lain, sehingga tak membutuhkan banyak modal

Seperti diketahui, karena jumlah wisudawan ITS kali ini sangat banyak, proses wisuda sendiri dilaksanakan dua hari. Pada hari pertama, Sabtu (8/3) mereka yang lulus dari Diploma dan Magister diwisuda hari itu, sedang pada hari Minggu (9/3) khusus untuk sarjana. (tof)

Berita Terkait