ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
15 Maret 2005, 12:03

Kelanjutan program Life Skills 2004 ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat, ITS menyelenggarakan program Life Skills. Program pembinaan kepada puluhan anak jalanan ini merupakan program berkelanjutan. Tidak hanya memberi pelatihan dasar dan terapan, namun juga proses magang, pendampingan serta penempatan kerja. Tiga pelatihan yang kini telah rampung diberikan antara lain pelatihan servis dinamo, servis motor serta percetakan.

Dan kini, program tersebut telah memasuki masa magang. Namun sebelumnya, akan diadakan sejumlah evaluasi terhadap kegiatan dan peserta. Seperti yang terlihat Sabtu (4/12) sore di laboratorium bengkel jurusan Fisika FMIPA ITS tempat pelatihan servis dinamo berlangsung. Terlihat satu persatu peserta tengah diuji oleh guru pembimbing mereka.

"Coba kamu betulkan lilitan stator ini," uji Bahtera Endarto, pembimbing yang sekaligus dosen jurusan Fisika ini. Fandric Kuntoro yang tengah diuji kemudian mengambil stator yang dimaksud. Remaja ABG ini terlihat serius memperhatikan urutan pemasangan lilitan stator dinamo ampere itu. "Yang ini dimasukkan lubang empat, dan yang ini dimasukkan tiga," papar Fandric yang disambut anggukan Bahtera tanda setuju.

Bahtera memaparkan, evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta menyerap materi yang telah diajarkan sejak Senin (29/11) lalu. "Dan kita juga dapat mengoreksi jika ada kesalahan pada persepsi mereka," tambah pria berkumis tebal ini.

Diakui Bahtera, pengetahuan peserta pelatihan haruslah ditambah dengan pengalaman dilapangan. Kesempatan magang yang akan mereka jalani, haruslah dimanfaatkan sebaik mungkin. "Saat magang, kamu harus banyak tanya. Yang tidak ngerti, langsung tanyakan. Dan biar tidak lupa, langsung dicatet. Kamu harus banyak belajar disana, ini kesempatanmu," pesan Bahtera kepada Fandric. Yang dinasehati pun tampak serius mendengarkan.

Proses magang yang akan dilakukan oleh peserta Life Skills 2004 juga dibenarkan oleh penanggung jawab program ini Dr Yoyok Cahyono MSi. "Proses magang ini akan dimulai Senin depan selama tiga minggu. Sebisa mungkin kita tempatkan di bengkel servis dinamo yang mengurus berbagai macam jenis dan merk dinamo, sehingga pengetahuan mereka semakin luas. Begitu juga dengan peserta pelatihan motor dan percetakan," paparnya.(ftr/sep)

Berita Terkait