ITS News

Jumat, 19 April 2024
15 Maret 2005, 12:03

Kartu Baru Bagi Anggota Perpustakaan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Upaya UPT Perpustakaan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengunjung dan pengguna semakin nyata. Hal itu tampak dengan mulai diberlakukannya penggunaan kartu anggota perpustakaan yang baru. "Kartu anggota yang sekarang ini dilengkapi dengan nomor seri. Tiap pemegang kartu akan memiliki nomor yang berbeda," ujar Nur Hasan, salah seorang karyawan perpustakaan bidang IT.

Disampaikannya, kartu yang berlaku sekarang akan jauh lebih baik dari sebelumnya. "Kartu yang sekarang ini lebih kecil, mirip dengan KTM dan dilaminating. Sehingga dimungkinkan kartu ini akan lebih awet dari kartu sebelumnya," kata Hasan. Pembuatannya juga tidak membutukan banyak waktu. Pendaftar akan langsung mendapatkan kartu yang sudah dilaminating setelah difoto oleh petugas.

"Kami menggunakan foto digital dan dapat langsung dicetak bersamaan dengan kartunya. Kalau ada petugas, saat itu juga kartu anggota akan dilaminating dan langsung bisa digunakan," terang Hasan. Kalaupun petugasnya sedang tidak ditempat, pembuat kartu hanya akan menunggu paling lama satu hari. Sebelumnya, mahasiswa setidaknya harus menunggu seminggu untuk itu.

Penggunaan kartu anggota baru itu telah berlaku disemua unit peminjaman kecuali ruang TA. "Khusus ruang TA sengaja tidak kami sediakan komputer yang terprogram untuk kartu anggota yang baru karena di ruang TA tidak ada meminjamkan untuk dibawa pulang, tetapi hanya meminjamkan untuk dibaca di tempat," jelas Hasan. Namun demikian, kartu anggota yang lama masih akan digunakan selama satu bulan ke depan. Hal itu untuk mengantisipasi jika nantinya ada kesalahan program pada komputer. Untuk pengadaan kartu baru ini pengguna dikenai biaya dua kali lipat dari pada biaya pembuatan kartu sebelumnya. Setiap orang dikenai biaya Rp 5.000 untuk satu masa berlaku.

Meski telah berjalan selama lebih dari satu minggu, namun pihak perpustakaan sengaja untuk tidak memasang pengumuman. "Kami sengaja tidak menempel pengumuman, karena pada bulan ini masa berlaku semua kartu anggota yang lama telah habis. Jadi, untuk bisa melakukan peminjaman mereka harus mendaftar lagi," terang Hasan.

Pada saat mendaftar itulah petugas akan memberitahu tentang pengadaan kartu anggota yang baru. Bahkan hingga saat ini sudah ratusan mahasiswa yang telah mendaftar dan menggunakan kartu anggota tersebut meskipun masih dalam masa liburan.(sep/ryo)

Berita Terkait