ITS News

Sabtu, 03 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Kapal ITS Maritime Challenge 2002 tercepat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam peluncuran kapal ITS Maritime Challenge 2002 (21/05) oleh Rektor ITS, menandakan bahwa tim ITS Maritime Challenge 2002 jadi berangkat ke Amerika Serikat setelah mengalami barbagai cobaan sebelumnya.

Tidak hanya keberangkatan tim ITS Maritime Challenge 2002 (MC 2002) saja yang membahagiakan, namun ada beberapa hal lagi yang menambah kebahagiaan itu. Salah satunya, waktu pembuatan kapal tercatat sebagai waktu tercepat yang hanya memakan waktu 3,5 bulan saja. Sedangkan tim lain pada umumnya menyelesaikannya dalam waktu 6 bulan.

Menurut rencana mereka (tim ITS MC 2002, red)akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti serangkaian perlombaan 27 Juni mendatang. Sedangkan untuk kapal, yang diberi nama Nusantara, akan diberangkatkan terlebih dahulu pada 28 Mei.

Setidaknya anggota Tim ITS MC 2002 saat ini sudah bisa bernafas lega, karena kapal straight one design-nya sudah berhasil diselesaikan. Sekarang mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi 19 jenis perlombaan yang akan mereka ikuti, diantaranya rowing race, sailing race, oar and sail race, man overboard, slalom, jackstay transfer, captains gig, navigation dan knots and splices.

Latihan untuk ketrampilan mengoperasikan perahu layar, navigasi laut, mendayung dan persiapan fisik maupun mental akan dilatih dan dibina sepenuhnya oleh TNI Angkatan Laut.

Anggota tim yang terdiri dari 18 orang ini akan diadu kerjasamanya dalam pelaksanaan tiap-tiap perlombaan. Karena sistim penilaiannya tidak didasarkan pada kecepatan perahu, tapi lebih pada international friendship, participations, dan cooperations.(u-d/bch)

Berita Terkait