ITS News

Minggu, 03 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Kaleidoskop ITS 2001 (Tulisan II)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kerjasama yang terjalin saat ini adalah 12 kerjasama dengan Lembaga Pemerintah dalam negeri, 13 kerjasama dengan Perusahaan negara/BUMN, 13 kerjasama dengan pemerintah daerah, 11 kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri, 11 kerjasama dengan Perguruan Tinggi swasta, 2 kerjasama dengan Lembaga Kebudayaan Asing, 4 kerjasama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri, dan 4 kerjasama dengan perbankan, sehingga jumlah kerjasama semuanya adalah 80.

Mengenai komunikasi dan kerjasama luar negeri adalah sebagai berikut :
~ Bantuan Teknik Pemerintahan Jepang (melalui JICA) kepada Politeknik Elektronika terus berlangsung sampai 5 tahun mendatang untuk pengembangan Pendidikan Program Diploma 4 dan Program Studi teknologi Informasi.
~ Kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Jepang (Hiroshima University, Toyo University, Osaka Prefecture University, Kyoto University of Mercantile marine) dalam kegiatan pendidikan dan penelitian serta kerjasama dengan perusahaan NKK Coorporation berjalan sesuai rencana.
~ Juga kerjasama JSPS (Japan Society for The Promotion of Science) Core University Program ITS-Universitas Hiroshima dalam bidang Marine Transportation Engineering(1997-2007). Di samping itu HUMAP (Hyogo Universities Mobilitiesin Asia Pacific) Agreement telah ditandatangani pada tanggal 19 Mei 2000 yang lalu.
~ Demikian pula halnya kerjasama dengan perguruan tinggi di Inggris (University ow Newcastle Upon tyne, University of Strachclyde dan UCL London), kerjasama dengan Technical University Berlin, The MIRCE Akademi, Universiti Teknologi Malaysia, TU Eindhoven, dan Consortium of Dutch Universities, berjalan baik dengan dukungan berbagai pihak.
~ Juga komunikasi dan kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Austria dan Eropa melalui Asea Uninet (Austria South East Asia university network) berjalan dengan baik dengan dukungan semua pihak.
~ Kerja sama PT PAL – ITS – James wharram Design Co.
~ Kerjasama negara Queesland dan university of Melbourne dengan ITS.
Kerajasama yang telah dijalin tersebut bertujuan untuk memperkuat peran ITS sebagai resource university dan pembina perguruan tinggi di Kawasan Timur Indonesia khususnya dalam bidang Iptek.

SAC (Student Advisory Center) yang bertugas membina komunikasi mahasiswa dengan dengan dunia kerja dan industri, secara teratur telah menyelenggarakan bursa kerja dengan industri, di tahun 2001 berlangsung pada bulan Agustus 2001 dengan recruitment langsung.

Dalam pemberian beasiswa, jumlah mahasiswa yang memperoleh beasiswa pada tahun 2001 adalah 2346 mahasiswa atau sekitar 14% dari total jumlah mahasiswa.

Untuk pelayanan kepustakaan, UPT Perpustakaan melayani di tingkat institut sedangkan di tingkat jurusan/fakultas adalah Ruang Baca. Jumlah pengunjung Perpustakaan ITS setiap hari rata-rata 1200 pengunjung pada masa-masa perkuliahan. Sehubungan dengan terus meningkatnya penggunaan akses internet untuk informasi ilmiah, maka upaya untuk menuju digital Library sedang dirintis, meskipun ada kendala dana untuk pengadaan infrastrukrtur.

Untuk pelayanan komputasi administrasi akademik, seperti data mahasiswa. FRS mahasiswa, nilai ujian semester dan Indeks prestasi mahasiswa serta pelatihan komputer bagi karyawan ITS dan lembaga di luar ITS terus dilakukan oleh UPT Komputer. Sejak tahun 1991 Pusat Komputer dipercaya untuk menangani validasi data UMPTN Rayon C, dan mulai tahun 2000 Pusat Komputer juga mengelola Sistem Jaringan Informasi ITS Net (jaringan menggunakan serat optik) dan pelayanan internet di lingkungan kampus. Sejak bulan Mei 1998, juga telah dikembangkan sistem layanan informasi remote acces melalui saluran telepon nomor 5992310 dan 5995285.

Pada bulan September 2001 telah berlangsung pula Mejelis Akbar XII JMMI ITS yang merupakan Majelis Tertinggi dalam pengambilan keputusan di Jama'ah Masjid Manarul 'Ilmi (JMMI) ITS. Dalam MA di putuskan Tartibul 'Amal untuk satu kepengurusan ke depan dan pemilihan Ketua Umum JMMI yang baru.

Dengan dana IKOMA direncanakan memiliki skor TOEFL 450, mulai wisuda september 2001. sementara rata-rata sekitar 70% lulusan program pasca sarjana pada setiap wisuda telah mencapai skor ini. Diharapkan dengan skor ini lulusan ITS akan makin siap memasuki dunia kerja.

(sebagian disadur dari Laporan Rektor yang disampaikan pada Rapat Terbuka Senat ITS memperingati Dies Natalis Ke 41 tanggal 10 Nopember 2001/li)

Berita Terkait