ITS News

Selasa, 28 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Kaleidoskop ITS 2001 (Tulisan I)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tahun 2001 adalah tahun yang penuh kenangan bagi ITS. Berbagai prestasi penting berhasil diukir oleh putra-putri terbaik ITS. Baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Hal itu menjadi semangat yang melecut kreatifitas dan daya kreasi kita untuk lebih baik di tahun 2002.

Prestasi ITS sepanjang Tahun 2001 yang terekam antara lain:

1. Lafin Hari Prayudi, mahasiswa Teknik Elektro FTI ITS menjadi Juara Umum dalam Lomba Perancangan Aplikasi Mikrokontroller ITB-Motorolla 2000-2001.

2. Hasan Firdaus, dkk dari Poltek Elektronika Juara I Tingkat Internasional pada Robot Contest 2001 di Fukushima Jepang.

3. Dimas Fahmi Rizaldi, mahasiswa Teknik Elektro FTI ITS terpilih menjadi Cak Surabaya 2001.

4. David Julianto Santoso, dkk dari Jurusan Teknik Informatika Juara I Tingkat Nasional dalam Microsoft Asia Student Net Conmpetition dan mewakili Indonesia dalam kompetisi Internasional di Seoul Korea.

5. Tim Mahasiswa ITS Juara I Lomba Stand dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke XIV di Universitas Negeri Makasar.

6. Lukman Bawafi dkk dari Jurusan Fisika FMIPA Juara II LKIP dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke XIV di Universitas Negeri Makasar.

7. Gamantyo Hendrantoro, PhD., Staf pengajar ITS yang berhasil meraih penghargaan sebagai peneliti terbaik dari Institut Penelitian Telekomunikasi Kanada (CITR).

Peristiwa-peristiwa yang mewarnai kehidupan Kampus ITS sepanjang tahun 2001. Sebuah pementasan teater sebagai wujud apresiasi seni sivitas akademika terselenggara pada Juni 2001 dengan menampilkan Teater Koma dalam karyanya "KALA". Tercatat acara Coloring Culture Concert PSM ITS sebagai persembahan PSM ITS untuk almamater diselenggarakan di Hotel Majapahit.

Juli 2001 terjadi kontroversi boleh tidaknya pengkaderan bagi mahasiswa baru, antara pihak Rektorat dan organisasi mahasiswa.

Sampai wisuda ke-82 (Maret 2001) dan Wisuda ke-83 (September 2001), ITS telah meluluskan 33.711 alumni. Hingga akhir tahun 2001 jumlah mahasiswa ITS 17.444 orang, 24% diantaranya wanita.

Bulan Agustus 2001, ITS mengadakan Mubes III ITS di Villa Malang. Mubes ini antara lain menyepakati adanya pembentukan KM (Keluarga Mahasiswa) dan Badan Yudikatif.

Tidak bisa lepas dari ingatan, sebuah peristiwa yang telah mencoreng nama almamater ITS. Peristiwa Selasa kelabu Oktober 2001, tawuran massal antara mahasiswa Teknik Elektro ITS dan D3 Teknik Mesin ITS. Arogansi jurusan yang berlebihan sebagai ekses dari pengkaderan mahasiswa baru 2001 menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak.

Okt 2001 setelah sekian lama tidak kelihatan, Prof. Rahardi Ramelan muncul di ITS untuk aktif mengajar kembali.

Tahun akademik 2001 ITS telah menambah satu fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Informasi dengan jurusan Teknik Informatika dan Program Studi Sistem Informasi. Sampai saat ini ada 5 fakultas dengan 22 jurusan, 12 Program Magister, 4 Program Doktor, dan 2 Politeknik.

Oktober 2001 ITS membuka internet center dengan kapasitas 260 terminal sebagai bagian dari kerjasama dengan MWeb Indonesia.

Schlumberger menyerahkan Hibah 20 rb dolar pada Oktober 2001 kepada Program Studi Sistem Informasi FTIf dan Politeknik Perkapalan ITS Surabaya.

Oktober 2001 PIMITS V 2001 diselenggarakan sebagai upaya perangsang dan penghargaan aktivitas ilmiah civitas akademika ITS November 2001, ITS menggelar acara Dies Natalis ITS Ke-41.

Dalam kurun waktu 2001, ITS telah menyelenggarakan sebanyak sebelas Seminar Nasional yaitu Seminar Nasional Kimia III, Seminar Nasional Biologi II, Seminar Nasional Pascasarjana, Seminar Nasional Statistika V, Seminar Nasional II Digital Signal Processing Teknologi dan Aplikasinya, Seminar Nasional dan Workshop Sel Surya serta Fabrikasinya, Seminar Nasional Teori dan Aplikasi Teknologi Kelautan 2001, Seminar Nasional Strategi penyediaan air minum di Indonesia dalam rangka otoda, Seminar Nasional Nasionalisme dan Disintegrasi Bangsa, Seminar Nasional Sehari menentukan peran wirausahawan dalam percaturan otoda, dan Seminar Nasional Fundamental dan Aplikasi Teknik Kimia.

Telah menanamkan jasanya di ITS dan berpulang ke rahmatullah, selama tahun 2001:
1. Prof. Oedjoe Djoeriaman, M.Sc.,Ph.D.
2. Drs. Soegihadi, MS.
3. Ir. R. Sonny Soenarsono, MS.
4. Ir. Agus Hidayat
5. Drs. Mohamad Djuri Subrata

(bch/li/rif)

Berita Terkait