ITS News

Sabtu, 26 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

KADERISASI DI TEKNIK KIMIA: LAMBAT TAPI PASTI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pengkaderan, merupakan kata yang umum bagi organisasi kemahasiswaan di ITS. Di Jurusan Teknik Kimia misalnya, sejak tanggal 2 Maret telah dimulai dilaksanakan proses kaderisasi. "Walaupun terlambat, tapi tetap kita laksanakan." Ujar Dario Mallan, ketua Organizing Committee (OC). Pengkaderan yang mengambil nama Chemical Student Day (CSD) ini, memang molor waktu pelaksanaannya. Menurut Dario, izin yang diberikan Ketua Jurusan tidak segera turun. "Izin baru turun lewat TKK jurusan minggu kemarin." Terangnya.

Pengkaderan di Teknik Kimia sempat membuat binggung mahasiswa baru jurusan tersebut. Bagaimana tidak, jika mereka mengikuti proses pengkaderan maka mereka tidak diperkenankan mengikuti praktikum mikrobiologi. Hal ini di mengundang komentar dari alumni jurusan yang memperoleh QUE Project tersebut. Lewat Surat Pembaca di sebuah harian pagi, seorang alumni mempertanyakan kebijakan Jurusan.

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEKK)terus memutar otak untuk tetap melaksanakan kaderisasi. "Dari kaderisasi tersebut, diharapkan akan mendapat orang-orang yang mampu memegang tongkat estafet himpunan." Tutur Saiful, Koordinator Steering Committee (SC) dan fungsionaris HIMATEKK.

Chemical Student Day rencananya akan digelar tiap hari Sabtu dan Minggu. Acara semacam ini kurang begitu mendapat tanggapan yang positip dari mahasiswa baru. Ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang datang. Dari total keseluruhan mahasiswa baru, yang datang tidak lebih dari 50 %. Format yang ditawarkan panitia, menurut Tim ITS Online tidak ada yang berubah dari format yang dulu. Konsep maupun pelaksanaannya tetap seperti dulu. Ada acara bentak-bentak dan makan bergantian, hampir mirip seperti perploncoan.

Menurut salah satu peserta yang datang, acara pengkaderan tetap diperlukan. "Kita mahasiswa baru juga memerlukannya. Kita perlu kenal diri kita sendiri, kenal teman seangkatan kita, kenal kakak kita, juga kenal kampus kita. Pengkaderan semacam ini diperlukan untuk kebersamaan kita." tutur Odie, peserta CSD. Namun dia menyayangkan pelaksanaan SCD yang kurang mengenai sasaran.(lut/rif)

Berita Terkait