ITS News

Senin, 30 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Jasa Satpam ITS, berjaga sepanjang lebaran

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kala para Civitas akademika ITS, baik dosen, karyawan dan mahasiswa menikmati liburan. Ada yang harus berjaga sepanjang hari dan sepanjang malam tanpa mengenal lelah. Mereka juga bagian dari ITS tercinta yang selalu mengamankan segala sesuatunya di ITS. Siapakah mereka ? Mereka adalah Satuan Pengamanan atau yang dikenal dengan Satpam ITS. Apa dan bagaimana mereka serta antisipasi mereka dalam mengisi hari – hari kerja di ITS ? Terutama saat Hari Raya seperti ini.

Ditemui ITS Online di kantor pusat satuan pengamanan KPA Dr. Angka yang terlihat lenggang. Hanya sekitar dua orang anggota satuan pengamaan yang berjaga. Beliau adalah Didit Sigit Wahyuwono (36) dan Supardi (32). "Beberapa orang anggota yang lain saat ini sedang tugas di posnya masing – masing," kata Didit, yang merupakan kepala satuan pengamanan. "Setiap pos terdiri antara 1 sampai 2 orang, jadi ada satu pos yang dijaga satu orang dan ada juga yang dijaga dua orang, tergantung dari jauh dan tingkat kerawanan masing – masing tempat," tambahnya. "Jadinya yang kelihatan lenggang," tambah Pardi, panggilan akrab dari Supardi.

"Berbicara masalah pos keamanan ITS, kami membagi wilayah keamanan berdasarkan delapan pos. Pertama adalah Bundaran ITS sebelah kiri ATM BNI 45 atau di pintu utama ITS, pos kedua di Asrama Mahasiswa di bagian pintu belakang ITS, sedangkan yang ketiga di Fakultas Teknologi Kelautan dan Teknik kimia. Pos keempat di depan Teknik Sipil, tepat di pintu masuk. Kelima ya disini, KPA Dr. Angka yang juga sebagai kantor pusat, juga meliputi wilayah gedung Rektorat, keenam adalah Kantin Pusat, dekat pos juru parkir, ketujuh terdapat di Teknik Elektro, dan yang terakhir di jalur pertigaan menuju Perumahan dosen, dekat penjual rujak," kata Didit Sigit Wahyuwono menerangkan kepada ITS Online (13/12).

Didit lalu menjelaskan wilayah kerja Satuan pengamanan ITS. "Di ITS kami menangani seluruh wilayah ITS kecuali Politeknik Perkapalan dan Politeknik Elektronika. Mereka memiliki wilayah administratif tersendiri. "Ditanya bagaimana dengan Perumahan Dosen ITS? "Untuk Perumahan Dosen (Perumdos) ITS juga masuk dalam wilayah ITS, tetapi dalam praktek kemananan, kami tidak menangani sampai kesana. Di perumdos sudah ada pengamanan tersendiri, dan kami hanya saling mengadakan mekanisme koordinasi". Ujar Didit Sigit Wahyuwono yang akrab dipanggil dengan sebutan Pak Didit.

Didit sudah bekerja sebagai satuan pengamanan di ITS sejak 1986 ini atau sekitar 15 tahun berselang menjelaskan bahwa sampai saat terdapat 57 orang satuan pengamanan. "Para satuan pengamanan ini terbagi dalam empat regu dimana dalam tiap regu terdiri atas kurang lebih 14 anggota," katanya menambahkan. Didit juga menjelaskan mekanisme pergantian tugas jaga/piket. "Setiap hari tiap regu akan bergiliran jaga, shift pagi, siang, malam, dengan tiap giliran kurang lebih 8 jam. Jadi dalam satu hari ada satu regu yang mendapatkan jatah libur," ujarnya lanjut.

Ditanya bagaimanakan dengan liburan yang kebetulan berdekatan antara lebaran dan Natal dan antisipasi untuk menghadapinya? "Menjelang lebaran dalam hal ini H-7 dan H+7 suasana kampus relatif sepi, dan hal ini malah memudahkan pengawasan. Karena selama liburan otomatis segala kegiatan dihentikan. Kecuali ada kebijakan dari rektorat pada mahasiswa yang menggunakan sarana dan prasarana Laboratorium untuk mengerjakan tugas dan praktikum akan diberikan ijin, contohnya seperti tahun 2000 kemarin dimana banyak mahasiswa Teknik Elektro banyak yang menggunakan Laboratorium untuk mengerjakan Tugas akhir," tukas Didit. "Memudahkan pengawasan karena apabila ada yang datang ke kampus, kami lebih mudah mengawasi apa yang sedang dia lakukan" lanjutnya.

"Berbicara masalah antisipasi apa yang akan kami lakukan selama hari libur ini. Antara lain menambah jumlah personel tiap regu dimana biasanya tiap regu terdiri dari 14 orang seperti yang saya utarakan diatas ditambah menjadi 19 orang," jelasnya. "Dan selalu ada patroli khusus yang dilakukan di seluruh wilayah ITS tiap 1 – 2 jam sekali," tegasnya.

Ditanya apakah ada liburan bagi anggota satuan pengamanan ? "Sebenarnya, kami sebagai satuan pengamanan, tidak ada yang namanya libur apapun itu. Kami tetap bertugas, tapi tentu saja cuti secara bergantian bagi anggota dan ada kompensasi dana lembur bagi anggota," jelas Didit sebagai kepala kemanan ITS. "Dan juga bagian keamanan disini kebanyakan berasal dari Surabaya, tapi ada juga yang berasal dari luar daerah contohnya saya dari kota Jember, Pak Pardi dari Kediri dan yang terjauh dari Sumenep, Madura. Jadi yah itu bergiliran liburnya. Saya sendiri tidak akan libur sampai menjelang hari raya H+7," tegasnya lagi. (Tin/li)

Berita Terkait