ITS News

Sabtu, 26 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Jadwal Padat, Tim Atlantic Challenge rela cuti kuliah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ternyata persiapan rekan-rekan kita yang tergabung dalam Tim Atlantic Challenge tidak hanya tersita tenaganya untuk pembuatan kapal kayu yang mengacu pada replika kapal Perancis (yole de bantry). Mereka juga harus mempersiapkan diri mengikuti serangkaian acara yang memang telah disusun untuk persiapan keberangkatan ke AS.

Sejak bulan September kemarin, mereka mulai koordinasi. Karena memang tim Atlantic Challenge terdiri dari mahasiswa dari Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Setelah itu mereka mulai masuk bengkel untuk mengartikan desain, dimana desainnya sudah ditentukan oleh panitia dan tidak boleh menyimpang (Stict One Design) sekitar awal bulan Nopember. Dalam waktu tiga minggu kerangka kapal mereka sudah jadi, dan telah menghabiskan dana sekitar 12 juta rupiah, itu pun ada sebagian dana yang dikeluarkan dari kantong masing-masing anggota tim.

Pengorbanan mereka tidak berhenti sampai di situ. Mereka harus mencari dana lagi untuk melanjutkan penyelesaian pembuatan kapal tersebut, juga mencari berbagai sponsor untuk membantu keberangkatan mereka. Dana yang mereka butuhkan tidak main-main, sekitar 1,2 M rupiah. Saat ini ada sebagian dari anggota tim mereka yang berusaha keras mencari dana dan selebihnya menyelesaikan kapal yang rencananya diberi nama quot;Simplicityquot; yang artinya sederhana, berkapasitas 10 orang, panjang 15 meter, lebar 2,1 meter. Selain mencari sponsor, mereka juga menawarkan 10 meter kubik kayu jati untuk membantu keberangkatan mereka. Sampai saat ini kayu di Jurusan Teknik Perkapalan itu belum ada pembeli yang berminat membelinya.

Menurut agenda, memasuki bulan Februari tim Atlantic Challenge dibantu oleh TNI AL dipersiapkan untuk melatih fisik mereka. Pelatihan tersebut sangat perlu karena dalam serangkaian lomba nanti dipastikan membutuhkan fisik yang kuat. Karenanya seluruh tim Atlantic Challenge diperkirakan akan mengambil cuti untuk semester ini untuk mengikuti serangkaian acara yang sangat padat dan menyita banyak waktu. (yud/li)

Berita Terkait