ITS News

Minggu, 05 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Jadi Bikin Kapal Sendiri

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Latihan dayung sudah dijalani beberapa kali. Itupun masih meminjam kapal Tim Maritime Challenge. Tim Perkapalan tak ingin hal tersebut berlanjut mengingat tujuan utama mengikuti perlombaan yaitu mengerti proses pembuatan kapal kalau memang sanggup membuat kapal sendiri. Karena rencana semula bukan membuat kapal melainkan membeli.

Selama lebih kurang lima hari terhitung sejak awal oktober lalu, beberapa anggota tim berangkat ke Jakarta bermaksud mencari sponsor maupun sumbangan. "Kami langsung menembak IKA Alumni FTK yang berada diJakarta dan sekitarnya. Karena dipastikan mereka bakalan membantu kita," jelas Imran, koordinator tim.

Rupanya usaha yang dikerahkan tak sia-sia. Hasil yang didapat lumayan banyak. Hal ini pula yang mengobarkan semangat tim untuk lebih optimis meneruskan kerjanya. Didukung pula pengumuman tentang jadwal perlombaan yang diundur sampai Februari mendatang.

Kesempatan untuk mewujudkan tujuan utama tim semakin nyata. Dana yang terkumpul mencapai 5 juta rupiah. "Dari jumlah sebesar itu sudah cukup bila dibuat untuk membikin kapal," imbuh Imran. Karena tim yang beranggotakan lebih kurang 25-30 orang berniat megikuti festival kapal tradisionalnya, jadi biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Diawali dengan pemilihan sekaligus pengumpulan bahan (kayu,red) dua minggu lalu yang dilakukan oleh tim produksi kapal. Setelah bahan bakunya datang baru mereka mulai menggarap.

Dengan bantuan seorang ahli yang sangat menguasai pembuatan kapal, Mukijar, tim segera memulai proses produksi kapal. "Sebenarnya hanya butuh waktu tiga minggu untuk membuat kapal seperti ini," ungkap salah satu anggota tim sambil menirukan gaya bicara Mukijar. (d1ti/bch)

Berita Terkait