ITS News

Sabtu, 24 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

ITS tambah satu Guru Besar lagi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pengukuhan Renanto sebagai Guru Besar dilakukan dalam Rapat Terbuka Senat Institut yang dilaksanakan Rabu (13/8) di Graha Sepuluh Nopember ITS. Staf Pengajar Teknik Kimia ini memangku jabatan Guru Besar dalam Ilmu Pengendalian Proses FTI-ITS. Dengan demikian, jumlah Guru Besar yang dimiliki fakultas ini menjadi 13 orang.

Dalam pengukuhannya, Renanto mengetengahkan 'Aplikasi Ilmu Pengendalian Proses Dalam Industri Kimia'. Ia merasa perlu mengenalkan ilmu ini karena mampu diaplikasikan dalam semua bidang. Filosofi aplikasi dari ilmu ini sebenarnya sederhana. Hal pokok yang harus ada yaitu variabel yang dikendalikan dan variabel yang diatur.

Masih menurut Renanto, variabel yang dipakai antara disiplin ilmu kimia dan di luar kimia sangat berbeda. Menurut disiplin ilmu teknik kimia, variabel yang dikendalikan adalah variabel yang mempunyai alat pengendali. Sedangkan variabel yang diatur adalah variabel yang mempunyai sifat menyesuaikan diri. Sifat ini diperlukan agar variabel yang dikendalikan selalu sesuai dengan nilai yang diinginkan. "Karena itu, metode ini bisa diterapkan dalam sosial juga asalkan tetap ada dua variabel tersebut," tegasnya.

Ia juga menambahkan, untuk dunia industri kimia, aplikasi pengendalian proses bermanfaat menjaga kondisi steady bagi laju air kuantitas dan kualitas produk. Di samping itu, juga untuk menjamin keamanan dari peralatan industri kimia agar tidak melebihi batas toleran, temperatur dan variabel-variabel lain. "Dengan demikian pencemaran lingkungan dan ancaman ledakan bisa dikurangi," jelas bapak tiga orang putera ini.

Dengan alasan itulah, metode pengendalian proses, perlu dikaji oleh mahasiswa Teknik Kimia dan praktisi industri yang berkecimpung di bidang proses produksi.
(rin/bch)

Berita Terkait