ITS News

Senin, 06 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

ITS Sumbang Tiga Incenerator

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

SURABAYA – Kampus teknik terbesar di Jatim ini akan meyumbangkan tiga buah incenerator senilai Rp 225 juta yang akan diletakkan di Gebang, Kejawan Putih Tambak dan Sukolilo.

Nantinya incinerator itu bakal dioperasikan untuk membakar sampah milik warga di ketiga pedukuhan tersebut. "Kami tidak bicara muluk-muluk mengatasi sampah di Surabaya. Tetapi kami mulai dulu dari lingkungan sekitar kampus," kata Rektor ITS Dr Ir Mohammad Nuh DEA, saat sarasehan dengan Ketua RW dan Lurah di sekitar kampus. Selain warga hadir juga wakil dari dinas banjir Pemkot Surabaya.

Incenerator ini merupakan karya dari mahasiswa teknik mesin dan teknik lingkungan ITS. "Satu Incineratornya sudah selesai dikerjakan dan sudah diujicoba beberapa waktu lalu. Tidak sampai lebaran, tiga incinerator itu harus sudah berfungsi," kata Nuh.

Incinerator buatan ITS ini, kata Nuh, bisa membakar sampah sampai dengan 500 kilogram (setengah meter kubik) perjamnya dengan hasil yang sangat memuaskan. ITS juga akan memberikan pelatihan kepada warga di ketiga pedukuhan tersebut, bagaimana cara mengolah sisa pembakaran sampah yang dihasilkan oleh incinerator itu menjadi kompos bermanfaat. "Khusus untuk hal yang satu ini, kami percayakan kepada para ahli sampah dari Teknik Lingkungan," tambahnya.

Nuh mengeluhkan pengembang perumahan di kawasan sekitar kampus. Sebab, pembuangan sampah di daerah tersebut tidak teratur. Sehingg daerah sekitar ITS menjadi daerah langganan banjir.

Pengolahan sampah saja tidak cukup untuk mengatasi banjir di kawasan pemukiman di sekitar ITS. Tapi tata letak pemukiman yang representatif untuk mencegah banjir juga perlu dipikirkan matang-matang. Pembenahan saluran air seperti got juga harus dibuat dengan benar.

Selain itu, di ketiga pedukuhan itu, kata Nuh juga perlu dibuat bozem (penampung air) untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu debit air hujan meninggi. "Kalau incenerator selesai, proyek selanjutnya membuat bozem ini," kata Nuh.

Untuk memulai kerjasama dengan warga sekitar kampus, Sabtu nanti, ribuan mahasiwa ITS akan diterjunkan bersama warga sekitar untuk bersih-bersih kampus ITS dan tiga pedukuhan sekitar kampus.(tom)

Berita Terkait