ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

ITS Sosialisasikan Robot Kontes Indonesia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Kami menyambut baik atas kepercayaan ini. Apalagi seperti diketahui, awal diadakannya kontes robot ini memang berasal dari ITS, karena itu wajar jika kemudian ITS dipercaya untuk mengadakan sosialisasi kegiatan ini," kata Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, Pembantu Rektor III ITS, Selasa (20.1) siang.

Jazidie menjelaskan, awalnya memang beberapa kali ITS mengadakan kontes robot tingkat nasional bersama JICA (Japan International Cooperation Agency), dimana pemenangnya waktu itu mewakili Indonesia ke kontes robot tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Broadcasting (ABU) Robocon. "Bahkan ITS dengan Robot B-Cak-nya tahun 2001 pernah memenangkan juara pertama saat kontes itu digelar di Tokyo, Jepang. Kini lomba itu diselenggarakan untuk tingkat nasional oleh Dirjen Dikti," katanya.

Tahun 2004 ini, kata Jazidie menambahkan tepatnya pada 10-11 Juli 2004, Fakultas Teknik Universitas Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan. "Tapi untuk mempersiapkan tim ITS maju dalam kontes tersebut, kami nantinya akan melakukan seleksi awal di tingkat institut pada awal Mei 2004," katanya.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah Wakil Ketua Pelaksana Kontes Robot Indonesia 2004, Ir Gigih Prabowo, yang memberikan penjelasan pada acara sosialisasi itu mengatakan, ada dua acara yang akan diselenggarakan pada 10-11 Juli mendatang itu. Pertama, Kontes Robot Indonesia (KRI) 2004, dimana pemenangnya akan mewakili Indonesia ke Korea Selatan dalam acara Kontes Robot Internasional pada 11 September 2004. Kedua, Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2004.

"Dua penyelenggaraan itu akan digelar bersamaan, yang membedakan keduanya pada aturan main. KRI lebih bersifat game atau permainan yang aturannya mengadopsi dari Kontes Robot Internasional yang akan di gelar di Korea, sedang KRCI lebih menekankan pada tingkat kecerdasan robot yang diadopsi dari lomba robot di Amerika Serikat," kata Gigih Prabowo.

Dijelaskannya, KRI tahun ini mengambil tema Pertemuan Rama dan Shinta yang diadopsi dari tema besar yang dipilih penyelenggara Robocon Korea, Reunion of Separated Lovers Gyeonwoo and Jiknyeo. "Kami berharap peserta Jawa Timur akan mendominasi kontingen. Tahun lalu peserta dari Jatim mencapai 14 kelompok lima diantaranya dari ITS. Tahun ini dengan target peserta sebanyak 32 kelompok, Jatim diharapkan akan mendominasi peserta lagi, karena itu dalam sosialisasi kali ini dilakukan dua kelompok, pertama sosialisasi yang diadakan di kota Malang dan sekitarnya, dan kedua, sosialisasi yang diadakan di ITS meliputi perguruan tinggi negeri dan swasta di Surabaya, Jember, Kalimantan, Bali, dan Mataram," katanya.

Sedang untuk kegiatan KRCI, karena baru yang pertama kali diadakan, kata Gigih yang juga Pembantu Direktur III PENS-ITS ini, pihak panitia mentargetkan akan diikuti oleh 20 tim, dengan tema Robot Cerdas Pemadam Api. "Masing-masing tim yang akan ikut dalam kontes robot ini diminta untuk membuat proposal ke panitia, dan nanti tim juri yang akan melakukan penilaian atau seleksi awal, apakah proposal itu lolos atau tidak untuk ikut kontes robot," katanya.

Hadir dalam acara sosialisasi itu antara lain beberapa dewan juri dan panitia pusat diantaranya para pakar robot dari ITS, UI dan dari Dirjen Dikti. Sementara perguruan tinggi yang hadir selain ITS, ada dari Universitas Negeri Jember, Universitas Widya Mandala, UK Petra, Stikom, ITATS, Politeknik Samarinda, Politeknik Banjarmasin, dan Politeknik Bali. (Humas – ITS, 20 Januari 2004)

Berita Terkait