ITS News

Selasa, 04 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

ITS Siap Go-Internasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sabtu, 20 Des 2003
Dalam rapat kerja antara pimpinan dan dosen di ITS kemarin, disepakati untuk memperjuangkan ITS sebagai kampus internasional. Tentunya setelah berhasil mengubah status menjadi PT BHMN (Badan Hukum Milik Negara).

Nantinya, ITS akan bekerjasama dengan perguruan tinggi asing. Bahkan jika mungkin, ITS juga melakukan rekruitmen untuk mahasiswa asing. "Kami sudah merintis dengan melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai lembaga internasional," kata rektor ITS Dr Ir Mohammad Nuh DEA, kemarin.

Salah satu contoh rintisan yang dilakukan ITS yakni kerjasama Politeknik Negeri Surabaya (PENS-ITS) dengan JICA, sebuah funding di Jepang. Dari kerjasama ini, ITS berhasil mendapat banyak kucuran dana dari lembaga tersebut. Salah satu wujudnya adalah gedung D-4 yang hampir selesai pembangunanya.

Apakah itu bukan sebuah impian? Menurut Nuh, ITS punya potensi untuk mewujudkan hal itu. Tenaga pengajar ITS rata-rata lulusan perguruan tingi ternama di dunia. "Bukan hal yang tidak mungkin, ITS dikenal di dunia internasional seperti Havard," jelasnya.

Dalam jangka pendek, raker tahunan ini juga sepakat untukmemperjuangkan tahun 2004, ITS berubah statusnya menjadi PT BHMN. Dengan status baru tersebut akan memudahkan ITS melakukan berbagai kebijakan, termasuk melakukan kerjasama dan ekspansi ke nagara lain. Tidak seperti sekarang, yang segala sesuatunya harus seizin Mendiknas. "Kita akan punya keleluasaan melakukan akselerasi kebijakan," jelasnya.

Persiapan BHMN, menurut Nuh sudah dilengkapi semuanya. Tinggal menunggu pengesahannya saja. Nuh sangat yakin Mendiknas bakal segera mengesahkan kampusnya menjadi BHMN. "Saya kira sudah tidak ada lagi yang kurang," kata mantan direktur PENS-ITS itu. (tom)

Berita Terkait