ITS News

Kamis, 07 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

ITS Meraih Penata Musik Terbaik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Benar-benar sesuai dengan yang diharapkan," demikian rekasi pertama yang dilontarkan oleh Didik Eko Indrawan, Ketua Unit Kegiatan (UK) Tari dan karawitan. Setelah mengikuti lomba Pekan seni Mahasiswa Regional di Universitas, rombongannya berhasil memenuhi target yang telah digariskan sebelumnya. "Sebelumnya kita menargetkan masuk 5 besar dalam lomba yang akan digelar. Dan ternyata memang kami urutan ke-5, walaupun penghargaan diberikan kepada "the best fourquot" saja namun kami cukup bangga bisa menggondol satu penghargaan saja, yakni kategori penata musik terbaik.

Didik mengakui bahwasanya surat edaran yang diberikan terkesan agak mendadak. "Memang kami menerima surat edaran pada tanggal 27 April. Mulai dari situ kami langsung penentukan tari apa yang akan kami bawakan, selanjutnya membuat proposal dan mencari pelatih. Satu minggu kemudian kami mulai penggarapan tarinya. Untuk musiknya sendiri baru kami garap setelah penggarapan tari selesai."

Diakuinya penggarapan musik sempat mengalami pergantian format. "Sebelumnya kami menggunakan gamelan murni atau tradisional. Akan tetapi ada beberapa bagian yang tidak cocok antara tari dengan musiknya, sehingga mau tidak mau kami harus mengganti format. Maka dimasukkannya alat musik tambahan, organ, untuk penyelaras musik dan hasilnya sangat memuaskan. Buktinya, kami berhasil menggondol penghargaan kategori penata musik terbaik."

Tari yang diketengahkan adalah tari kontemporer dengan mengambil tema sosial, karena begitu dekatnya tema ini dengan masyarakat. Yakni masalah penderita penyakit lepra. "Pesan yang ingin disampaikan dalam tari kali ini adalah, penderita lepra adalah manusia juga, kebutuhannya sama dengan manusia pada umumnya jadi janganlah dikucilkan," ungkapnya lagi.

Sebenarnya ada tiga kategori penilaian yang diberikan, alur cerita, olah gerak dan penata musik. Kemudian dari kategori tersebut diakumulasikan dengan penilaian dewan juri yang lain, dan diurutkan menjadi the best four. Bila sampai lima maka ITS bisa mendapatkan 2 piala. (u-d/li)

Berita Terkait