ITS News

Jumat, 07 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

ITS-Majapahit dalam 'Melodi Budaya'

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Penyelenggaranya Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Teater Tiyang Alit, Kegiatan Tari dan Karawitan (UKTK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Hotel Majapahit. Pentas seni menyemarakkan HUT ke-56 RI itu, kata Cultural Concierge and Public Relations Executive Majapahit, Bambang W.S., akan dibuka dengan tari gambyong. Tari ini dipersembahkan UKTK yang dilanjutkan tiga alunan lagu daerah dari PSM. Setelah itu, diselipkan sepotong adegan drama oleh Teater Tiyang Alit ITS dan dilanjutkan dua alunan lagu "Huhate" dan "Janger".

Sebuah koreografi gerak yang disajikan UKTK, mengiringi lagu "Anoman Obong" persembahan PSM. Disusul olah gerak oleh Teater Tiyang Alit lagi. Nomor "Bungong Jeumpa" dari Aceh dan "O Ina Nikeke" dari Sulawesi Selatan akan dikumandangkan juga. Disusul penampilan Tiyang Alit. Puncaknya, PSM menampilkan rangkaian lagu tentang kejayaan Indonesia.

"Seluruh penampilan rencananya ditutup dengan lagu daerah Jawa Barat, Manuk Dadali," kata Bambang yang juga seorang penari ini. Kelompok pengisi acara ini, juga cukup dikenal. Teater Tiyang Alit juga tidak asing lagi di kalangan kampus. Begitu juga PSM ITS. Kelompok ini mengawali dengan mengadakan Lomba Paduan Suara (LPS) antar Perguruan Tinggi (PT) se-Jawa Timur dan Bali, 1989. Kemudian tampil dalam berbagai acara, mulai dari Surabaya hingga kota besar lain.

Prestasi PSM ITS, pada 1994 juara harapan I Festival Paduan Suara antar PT se-Indonesia di Malang. Setahun kemudian, juara favorit dan juara harapan I LPS PT se Jawa-Bali II. Penampil terbaik dan pianis terbaik LPS se-Indonesia pada 1996. Pada 1997-2000, meraih juara I dan dirigen terbaik LPS PT se Jawa-Bali. (gim)

Berita Terkait