ITS News

Kamis, 30 Mei 2024
15 Maret 2005, 12:03

ITS Luluskan 746 Mahasiswa Program Pendidikan Berkelanjutan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jumlah sebanyak itu berasal dari lima program pendidikan berkelanjutan profesional setahun, masing-masing program PAPSI (Pendidikan Ahli Pemrograman Sistem Informasi) sebanyak 88 mahasiswa, PIKTI (Pendidikan Informatika dan Komputer Terapan) 333 mahasiswa, PASTI (Pendidikan Komputer Aplikasi Bisnis) sebanyak 250 orang, PIKSI (Pendidikan Jaringan Komputer dan Sistem Informasi) 59 orang, PATMI (Pendidikan Ahli Teknik Mersin) sebanyak 16 orang.

Dikatakan Kepala Pusat Studi Berkelanjutan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS yang menyelenggarakan pendidikan jenjang satu tahun, Drs. Suharmadi M.Phil, dalam waktu dekat lembaganya juga akan memulai memasuki tahun pelajaran baru dengan total mahasiswa yang mengikuti berbagai program pendidikan satu tahun ini mencapai 1.000 lebih. "Sebelumnya program pendidikan profesional satu tahun ini diselenggarakan oleh jurusan masing-masing, tapi kini kemudian dipusatkan didalam satu wadah di bawah LPPM. Tujuannya agar tidak menggangu aktivitas jurusan yang dituntut untuk menyelenggarakan pendidikan yang memang berbeda dengan program satu tahunan ini," katanya.

Diungkapkannya, ke depan para penyelenggara pendidikan program berkelanjutan ini sedang mempertimbangkan agar para lulusannya yang memperoleh hasil terbaik dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yakni diploma. "Tapi ini baru ide dan wacana yang dilontarkan para penyelenggara, kami akan meneruskannya ke pimpinan. Alasannya, sesuai dengan namanya program pendidikan berkelanjutan, maka memang harus ada pilihan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya," kata Suharmadi.

Ia juga mengungkapkan, mengingat lembaga pendidikian berkelanjutan ini berada di bawah LPPM, maka saat pelantikan atau yang mewisuda pun bukan rektor tetapi cukup dilakukan oleh ketua LPPM dengan dihadiri para penyelenggara atau pengelola lembaga pendidikan tersebut.

Dalam sambutannya Ketua LPPM ITS, Prof. Ir. I. Nyoman Sutantra, M.Sc, Ph.D mengatakan, kebutuhan akan tenaga terampil saat ini makin besar, karena itu peminat pada program pendidikan satu tahun ini pun dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. "Kami yakin dengan bekal yang telah Anda miliki selama setahun akan mampu mengantarkan para lulusan mendapatkan lapangan pekerjaan lebih mudah lagi. Tapi kami juga berharap Anda tidak melupakan ITS jika memang kelak akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi," katanya.

Dikatakannya, terus meningkatnya peminat program ini tentu akan memacu kami untuk lebih baik didalam memberikan materi berikutnya. "Materi yang baik tentu saja manakala antara bekal ilmu yang didapat para mahasiswa cocok dengan kebutuhan dunia kerja atau memang dicari dunia kerja. Inilah yang melatarbelakangi dibukanya program profesional satu tahun pendidikan berkelanjutan," katanya. (Humas/bch)

Berita Terkait