ITS News

Jumat, 02 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

ITS dapat tambahan saranan kebersihan dari Teknik Mesin

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Armada kebersihan dan keamanan di lingkungan ITS bertambah lagi. Setidaknya lima unit gerobak bersepeda kebersihan lengkap dengan aksesorisnya. Bantuan tersebut datang dari jurusan Teknik Mesin. Sedangkan satpam ITS mendapatkan seragam baru dari pihak ITS. Keduanya diberikan secara simbolik lewat upacara kecil pagi tadi (29/09) yang dipimpin langsung Rektor ITS.

"Ini merupakan itikad baik jurusan kami untuk pengembangan ITS, "kata Dr. Ir. Triyogi Yuwono, DEA, ketua jurusan Teknik Mesin.

Gerobak bersepeda yang berjumlah lima unit ini merupakan kreasi asli dari bengkel Metalurgi Teknik Mesin. Kalau biasanya gerobak ditarik, gerobak yang ini termasuk unik. Pemakainya cukup bersepeda. Juga lengkap dengan sapu dan sendok sampah yang dirancang khusus sesuai pemakaian. "Kami yang rancang sekaligus yang buat, " tutur Triyogi yang juga merangkap sebagai dekan Fakultas Teknologi Industri.

Rektor ITS dalam pidatonya menyambut gembira langkah jurusan Teknik Mesin ini. "Dengan begini akan terwujud ITS yang lebih baik, " kata Dr. Ir. Muh. Nuh, DEA.

Saat ini, kata Muh. Nuh, ITS menghadapi tiga masalah penting. Keamanan, kebersihan, dan kenyamanan. Keamanan menjadi nomor satu karena tingginya tingkat kriminalitas di Surabaya."Beberapa bulan lalu kita masih ingat beberapa motor hilang di tengah keramaian. Ini menjadi peringatan bagi kita semua, " papar lulusan S3 Perancis ini.

ITS, ceritanya, seringkali mendapatkan komplain tentang pencurian kendaraan utamanya sepeda motor mahasiswa "Walau ini bukan merupakan tanggung jawab langsung dari institusi, namun ITS memiliki kewajiban moral untuk itu, " papar Muh. Nuh.

Masalah kenyamanan juga menjadi perihal penting dalam membangun atmosfir akademik di ITS. "Oleh karenanya saat ini ITS sedang berbenah agar ITS juga mampu menjadi sarana rekreasi kampus. Selain sebagai tempat studi orang juga betah berada di lingkungan kampus, "tambahnya.

Berbicara di depan puluhan staf keamanan dan staf kebersihan Rektor ITS juga memberikan semangat bagi mereka. Ia dengan tulus menyatakan rasa kagum dan terima kasihnya pada mereka yang juga turut membangun ITS. Menurutnya, tidak ada yang lebih mulia di antara kita selain mereka yang mampu mengemban amanat dan menjalankan tugas secara baik. (ryolin)

Berita Terkait