ITS News

Minggu, 03 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

ITS Buat Hutan Kampus

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), agaknya mulai gerah dengan tingginya tingkat pencemaran atau polusi udara di metropolis. Buktinya, kemarin, kampus itu resmi membuat hutan kampus melalui aksi penanaman sejuta pohon. Tidak tanggung-tanggung, hutan kampus itu rencananya berdiri di atas lahan seluas 70 hektare.

"Salah satunya memang dipicu karena keprihatinan terhadap tingkat pencemaran di Surabaya. Gerakan sejuta pohon itu akan kami lakukan secara bertahap," kata Pembantu Rektor IV ITS Ir Daniel Mohammad Rosyid PhD kepada Jawa Pos, kemarin.

Seperti diketahui, tingkat pencemaran udara di Surabaya terbilang sudah dalam tahap memprihatinkan. Kepala Bagian Lingkungan Hidup Pemkot Drs Soerjadi mengatakan bahwa penyumbang pencemaran udara adalah kendaraan bermotor. Selain itu, sumbangan polusi pabrik yang beroperasi malam hari juga tidak kecil.

Setidaknya, tingkat pencemaran itu dapat dilihat dari alat monitoring yang dipasang oleh Bagian Lingkungan Hidup di lima tempat. Pada malam hari, alat monitor menunjukkan peningkatan polusi udara, karena asap pabrik dari Sidoarjo menuju Surabaya. Bahkan pernah sampai mencapai tidak sehat.

Menurut Daniel, dengan pencanganan gerakan sejuta pohon di ITS itu nantinya diharapkan mengurangi dampak pencemaran udara tersebut. "Jika tidak ada upaya, kami tidak bisa membayangkan nasib Surabaya mendatang. Mudah-mudahan ini juga diikuti oleh kampus-kampus lainnya. Dengan begitu, udara yang kotor relatif ternetralisir," paparnya.

Dikatakan, jika pembuatan hutan kampus itu rampung sesuai dengan master plan ITS, maka bisa jadi nantinya kawasan itu juga menjadi jantung hijau kota Surabaya. Sebab, kata dia, sampai sejauh ini Surabaya belum memilikinya. "Cuma kapan rampungnya, tentu bertahap," jelas Daniel. (hud)/(sheet)

Berita Terkait