ITS News

Kamis, 29 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

Islamic Book Fair, Sepi Tapi Laku

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Meja ditata berjajar tepat di tengah ruangan, membentuk huruf L. Buku-buku diletakkan di sepanjang salah satu sisi barisan meja itu. Satu per satu mahasiswa tergoda untuk mencari tahu. Mendekat, kemudian melihat-lihat buku-buku yang ditata rapi itu. Ternyata, JMMI sedang menggelar pameran buku Islami.

Pameran kali ini digarap oleh salah satu departemen dalam kepengurusan JMMI, departemen Tabliqul Islam. Sepanjang minggu mereka disibukkan oleh berbagai agenda kegiatan. Serangkaian kegiatan yang dilangsungkan untuk memperingati tahun baru Islam.

"Islamic Book Fair JMMI Smart 142 SH ini memang salah satu agenda kegiatan yang dilaksanakan JMMI untuk memperingati tahun baru Islam. Masih banyak lagi kegiatan yang lain, seperti Bintaro (Bincang Seputar teknologi, red), bedah buku ESQ Power dan sebagainya," jelas Dedi Oktrianto, koordinator pameran.

Nampaknya, buku-buku yang dipamerkan tidak hanya yang bernuansa Islami. Ada beberapa buku yang membahas tentang web design.

"Kebetulan dari serangkaian kegiatan ada yang bertemakan teknologi, yakni Bintaro. Kemudian, kami mencoba menghubungkannya dengan pameran ini. Siapa tahu, setelah mahasiswa mengikuti Bintaro kemudian tertarik membeli buku di pameran ini," sambungnya diikuti senyum.

"Sayang sekali, beberapa penerbit belum bersedia memberikan kerja sama dengan kami. Hanya ada satu penerbit yang bersedia, Penerbit Andi," tambah Dedi sambil menunjukkan salah satu buku web design. Buku-buku tentang web design yang dipamerkan diterbitkan oleh Penerbit Andi. Selebihnya adalah buku-buku Islami dari beberapa penerbit.

"Untuk buku-buku Islami, kami tidak bekerja sama dengan Penerbit. Kebetulan toko buku Pustaka Sahabat dan Cahaya Amanah bersedia diajak kerja sama," jelas Dedi.

Meskipun demikian, antusias pengunjung masih saja tinggi. Pengunjung berdatangan, dan beberapa diantaranya membawa pulang buku yang dipamerkan.

"Alhamdulillah, antusias dari pengunjung masih tinggi. Kebanyakan pengunjung tertarik pada buku-buku dari penerbit Andi. Mungkin karena harganya yang relatif tinggi, jadi jarang diantara pengunjung yang membelinya. Sedangkan untuk buku-buku Islami, alhamdulliah keuntungannya cukup lumayan."

Digelar sepanjang minggu ini, dari Selasa (24/02) sampai Jumat (27/02), Islamic Book Fair JMMI Smart juga menawarkan madu. Standnya terletak di sebelah pameran buku. Khusus di hari terakhir, hari Jumat, pameran akan buka setengah hari saja. Sebelum shalat Jumat pameran sudah ditutup.(IwY/li)

Berita Terkait