ITS News

Selasa, 28 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

IPA Anggarkan 300 juta untuk Fisika

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Indonesian Petroleum Association (IPA) menggandeng Jurusan Fisika MIPA, khususnya bidang keahlian geofisika dalam hal peningkatan kualitas pendidikan. Kerjasama ini meliputi penelitian, peralatan laboratorium, bantuan buku-buku perkuliahan, dan beberapa bantuan lainnya

Untuk itulah, bidang keahlian geofisika ditunjuk sebagai tuan rumah dalam penyelenggaran rapat dari anggota UMC (University Assitance Commite). Pada rapat ini akan menentukan program-progam kerja selama setahun kedepan.

Menurut, Seno Pudji MSc, ketua comitte UMC (University Assitance Commite) ITS, sebenarnya yang menangani masalah pendidikan adalah UMC, bukan IPA. "Karena IPA sendiri mempunyai beberapa komite salah satunya, yaitu UMC," terangnya saat ditanya mengenai hubungan antara UMC dengan IPA.

Meskipun bidang keahlian geofisika merupakan anggota baru dalam IPA. Tapi, sudah sejak tahun 1995, bidang keahlian ini sudah punya keiinginan untuk menjadi anggota IPA. Namun, selalu saja tak tercapai. "Kalau bukan mahasiswa sendiri yang memintanya, tentunya sampai sekarang hal itu tak akan pernah terjadi," kata dosen yang sekarang masih melanjutkan program S-3 di ITB.

Sedangkan, anggota dari UMC sendiri terdiri 18 jurusan dari 15 perguruan tinggi untuk seluruh Indonesia. Dan anggaran dana yang disiapkan sekitar 300 juta pertahunnya. Dimana alokasi dana itu akan diberikan untuk masing-masing anggotanya sekitar 7 juta. "Kesempatan ini sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam melakukan penelitian,"katanya.

Dan pada kesempatan ini, dihadiri 28 peserta dari ITB, UGM, ITS, UNHAS (Universitas Hasanuddin), Trisakti, Jurusan Perminyakan UPN "Veteran" Yogyakarta, dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Ditambah dari perusahan perminyakan seperti Vico dan Unocal. (rom/li)

Berita Terkait