ITS News

Minggu, 26 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

IP TINGGI BELUM JAMINAN MENDAPATKAN PEKERJAAN

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seringkali IP yang rendah membuat minder para pencari kerja untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Namun, ada satu hal yang dilupakan mereka, yakni kemampuan diri. "IP yang tinggi belum jaminan untuk mendapat pekerjaan", tegas Setya Rahadi, Country Manager Human Resouerces, Compaq Indonesia.
Lebih lanjut, ada lima hal yang mempengaruhi penilaian saat interview, yakni:
1. Temperamen Bawaan
2. Sikap Mental
3. Motivasi.
4. Displin Diri
5. Pendidikan
Oleh karena itu, lanjut beliau, hal pertama yang perlu dilakukan adalah pengenalan diri. "Kenalilah kekuatan kepribadianmu dan kecenderungan karirmu", lanjutnya lagi.
Selain itu, lanjutnya, seringkali kita melihat kompetensi hanya bertumpu pada ketrampilan (skills) dan pengetahuan (knowledge), sehingga hanya dua hal ini yang kita asah. "Dua hal tersebut seperti puncak gunung es yang tampak dari permukaan laut. Padahal, bagian yang berada di bawah permukaan laut jauh lebih besar", ungkap beliau lagi. Bagian yang justru mendapat perhatian besar dalam interview adalah motif, sifat, konsep diri, sikap, nilai-nilai dan citra diri.
Sementara itu, Inez, Ketua Panitia Workshop mengungkapkan bahwa peserta yang berminat dengan acara ini cukup banyak. "Dari 75 orang target kami, peserta yang mendaftar tercatat 104 orang" ungkap cewek angkatan 2000 Jurusan Teknik Material ini. Lebih lanjut, peserta yang berminat dengan workshop ini tidak hanya berasal dari ITS, tapi ada juga yang berasal dari perguruan tinggi lain. "Acara seperti ini akan kami laksanakan secara berkala tiap enam bulan", lanjut cewek berkacamata minus ini. (rif)

Berita Terkait