ITS News

Rabu, 05 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

I/O Bagi Mahasiswa Baru

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tahun ajaran baru di ITS selalu diwarnai oleh berbagai macam kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa baru. Salah satu dari kegiatan tersebut adalah IPT (Informasi Pendidikan Tinggi) yang tahun ini dirubah namanya menjadi I/O (Informasi dan Orientasi).

Kegiatan yang diadakan oleh institut ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru tentang lingkungan ITS, tata cara dan peraturan selama kuliah di ITS, macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di ITS serta informasi lain yang dierlukan oleh mahasiswa baru. Sebagai rangkaiannya kegiatan ini selalu diakhiri dengan penerimaan mahasiswa baru secara resmi oleh rektor dan senat ITS di Graha Sepuluh Nopember.

Namun untuk tahun ini pelaksanaannya sedikit berbeda dengan sebelumnya. Jika pada tahun lalu pelaksanaan IPT berlangsung selama 3 hari, yaitu 2 hari digugus yang telah ditentukan oleh panitia dan 1 hari dijurusan, maka untuk tahun ini I/O hanya dilaksanakan selama 2 hari (26/8 dan 27/8) dengan pembagian 1 hari digugus dan 1 hari dijurusan.

Dengan semakin dipadatkannya hari pelaksanaan, maka materi yang disampaikan juga semakin padat setiap harinya.
Pada hari pertama materi yang mereka dapatkan adalah Etika dan Tata Kehidupan Kampus, Pendidikan di ITS, Administrasi Akademik dan Umum, Kemahasiswaan dan Perlengkapan Pengumuman.

Untuk hari kedua materi yang mereka dapatkan dijurusan adalah Kreativitas dan Cara Belajar Efektif, Himpunan Mahasiswa Jurusan serta Kunjungan Lab. dan beberapa fasilitas yang ada dijurusan.

Meski demikian para peserta I/O tampak terus semangat menerima materi-materi yang disampaikan. Terlebih ketika mereka mendapat materi Kemahasiswaan dan Perlengkapan Umum yang disampaikan oleh perwakilan dari BEM ITS, LM ITS dan LMB ITS. Dalam materi tersebut dijelaskan tentang berbagai macam kegiatan dan organisasi yang ada diITS.

"Mereka tampak semangat ketika mendengar penjelasan seputar organisasi mahasiswa tingkat institut seperti BEM dan LM ITS," ujar Dedi, wakil dari BEM. "Apalagi ketika kami menambahkan tentang seputar pelaksanaan pengkaderan. Banyak diantara mereka yang mengajukan pertanyaan," tambahnya.

Seperti biasanya, bagian kemahasiswaan selalu dibantu oleh para anggota Pramuka dan Resimen Mahasiswa (Menwa). "Mereka membantu para mahasiswa baru yang bingung mencari lokasi gugusnya dan juga membantu kami dalam penyediaan sarana prasarana yang dibutuhkan selama I/O berlangsung baik digugus maupun dijurusan nanti," ujar salah seorang staf kemahasiswaan.(sept/li)

Berita Terkait