ITS News

Selasa, 28 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Intelegent Ok, Spiritual Harus Sip.

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Manusia terlahir sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, karena manusia memiliki akal dan pikiran. Namun, bagaimana manusia dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi diimbangi dengan mental serta moral yang baik pula.

Dalam bedah buku "Emotional Spiritual Quetient (ESQ)" di perpustakann ITS lantai 2 yang dimulai pukul 13.00 WI. Dengan pembicara oleh Dr.Ir. Abdullah Shahab (Dosen Teknik Mesin ITS) dan Ahmad Arqom, SPd. (DireKtur Trusco Surabaya) tapi tidak dapat hadir karena berhalangan. Dengan korelasi waktu hanya 2 jam saja mampu menyedot peserta sebanyak 144 orang, dan hal ini pula yang membuat salut dari Abdullah Shahab untuk mengupas lebih jauh tentang ESQ.

"Sebenarnya sudah dari dulu manusia diturunkan ilmu oleh Allah, tinggal manusianya saja yang harus dapat mengupasnya lebih lanjut!" tegas Dosen Teknik Mesin ITS ini. Sebab manusia sudah memiliki intelegent yang tinggi serta daya nalar yang kuat maka harus dapat mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi di jagad raya ini.

"Namun, ironis sekali jika manusia yang suda ber-intelegent yang tinggi tidak memiliki spiritual emotion yang kuat pula, Maka hal ini sangat saya sayangkan sekali," ujar Abdullah Shahab. "Sebab sekarang inipun sudah banyak kaum cendekiawan yang berhasil menguasai iptek tetapi managemen emosinya kurang atau senses of humannya tidak ada. Untuk itu kiranya perlu ada suatu kesadaran diri untuk mensyukuri kebesaran Allah meskipun dirinya sudah pintar," tegasnya.

"Untuk menjawab itu semua diperlukan usaha yang sedini mungkin dalam mendalami ajaran agama (khususnya agama Islam)!" ujarnya. Sebab dengan menerapkan ajaran sedini mungkin pada anak-anak maka akan didapatkan generasi yang manfaat dan maslahat di kemudian hari khususnya bagi kedua orang tuanya dan juga bagi orang lain. (mut/bch)

Berita Terkait