ITS News

Selasa, 27 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

Ingin Sosialisasikan Statistika

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam setiap menyelesaikan suatu pekerjaan seringkali dibutuhkan informasi yang lebih mengarah pada informasi mengenai data-data untuk penyelesainnya. Suatu ilmu yang mempelajari metode penyelesaian semacam itu adalah Ilmu Statistika.

Namun beberapa orang yang lebih sering menggunakan statistik dalam pekerjaannya tidak tahu bahwa itu adalah statistik. Untuk itu, jurusan Statistika ITS bekerja sama dengan Himpunan Alumni Matematika Pascasarjana UGM menggelar Seminar Nasional Matematika dan Statistika.

Acara yang diketuai oleh Dr. I Nyoman Budi Antara,MS ini berlangsung 1 hari. "Kebetulan dari Himpunan Alumni Matematika Pasca Sarjana UGM mau ada acara dan hampir bersamaan dengan seminarnya jurusan Statistika ITS. Jadi saya pikir tidak ada salahnya kalau acaranya digabung, bisa sekalian silaturahmi," tutur Ketua Ikatan Himpunan Alumni Mahasiswa Pascasarjana UGM ini.

Dengan mengangkat tema 'Peranan Matematika dan Statistika dalam Era Informasi' ini diharapkan nantinya para pengguna statistik dapat mengetahui pentingnya statistik dalam kehidupan. "Selain itu, untuk kedepannya saya juga berharap nantinya para pengguna statistika itu bisa mengakui eksistensi statistika. Jadi ilmu statistik itu tidak dianggap remeh oleh mereka," ujar dosen Statistika ITS ini.

Seminar yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang peserta ini dibagi dalam dua sesi utama yaitu kelas utama dan kelas paralel. "Untuk kelas utama akan dipaparkan materi umum. Dan kali ini kami mengundang Pak Indarmoyo dari BES sebagai pemateri. Sedangkan pada kelas paralel nanti dari jumlah peserta itu akan dikelompokkan sesuai bidang mereka masing-masing. Pada waktu itu juga beberapa dari peserta berkesempatan untuk mempresentasikan hasil riset mereka yang kemudian akan didiskusikan bersama," kata I Nyoman.

Nyoma menambahkan untuk memandu dalam kelas paralel itu, panitia telah mengundang seorang dari PT. Pelindo. "Kalau pada kelas utama ada Pak Indarmoyo dari BES, maka di kelas paralel nanti akan ada Pak Haryono dari PT. Pelindo. Pak Haryono nanti akan turut memandu dan menunjukkan peranan statistik dalam dunia industri," tambahnya.

Sementara itu, rektor ITS menyatakan gembira dan menyambut baik kegiatan semacam seminar yang diadakan statistik ini. "Karena sebagaimana visi ITS yang salah satunya adalah networking development, berarti bahwa kerja sama dengan UGM mengadakan acara ini termasuk dalam upaya ITS untuk menjalankan visi networking development tersebut," ujar Pak Nuh dalam sambutannya saat membuka seminar nasional ini.(sept/bch)

Berita Terkait