ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Informatics Logic Games 2001

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rabu, 31 Oktober 2001 yang lalu Sekitar pukul 08.00 BBWI, Graha ITS sudah mulai dipenuhi siswa-siswa berseragam SMU. Untuk pertama kalinya Jurusan Teknik Informatika ITS mengadakan permainan logika "Informatics Logic Games 2001". Ajang seperti ini memang masih belum banyak diadakan atau bahkan sebagian besar orang masih bingung dengan title Logic Games (LG). Kenapa LG? Seperti yang dikutip dari Ahmad Djuneidi (mahasiswa T. Informatika '97), "Untuk masalah logika masih belum ada perhatian dan kurikulum khusus. Padahal seperti misalnya Jurusan Teknik Informatika yang banyak mencakup masalah IT sangat diperlukan adanya kemampuan logika."

Informatics LG tingkat nasional ini diikuti oleh peserta SMU atau sederajat yang datang mulai dari Surabaya, Malang, Kediri, Jombang, Madiun sampai Jakarta. Sekitar 85 siswa mewakili sekolahnya mencoba untuk adu logika. Mungkin pesertanya masih tidak terlalu banyak, karena memang ajang seperti masih baru pertama kali ini diadakan di ITS. Seperti yang diungkapkan Pak Husni selaku PD II FTIf dalam sambutannya, "Karena mungkin masih pertama kali diadakan, pesertanya terlihat sedikit dibandingkan tempat yang disediakan. Mungkin kalo’ bisa ajang mendatang hadiahnya sepeda motor."

Hadiah yang disediakan kali ini adalah :
Juara I : Rp 750.000,00 + Trophy Rektor ITS
Juara II : Rp 500.000,00 + Trophy Dekan FTIF-ITS
Juara III: Rp 250.000,00 + Trophy Ketua Jurusan

Untuk menjadi juaranya, peserta harus melalui tiga babak pertandingan. Dari babak pertama yaitu babak penyisihan peserta diberi waktu sekitar satu jam untuk mengerjakan soal secara manual. Kemudian diambil 25 peserta dengan nilai terbaik masuk ke babak semifinal. Dalam babak semifinal ini peserta diharapkan tidak hanya mampu menyelesaikan soal yang diberikan dengan tepat tetapi juga dengan cepat. Karena cara pengerjaannya tidak secara manual lagi, peserta digiring ke Laboratorium Pemrograman Teknik Informatika. Tiap peserta dihadapkan pada satu komputer berikut soal-soalnya. Bagi peserta yang tidak lolos semifinal dapat mengikuti Open House Teknik Informatika. Babak final diikuti oleh 5 peserta yang langsung adu logika dengan menggunakan lima komputer yang telah disediakan di Graha 10 Nopember ITS.

Sampai petang hari, hasil akhir menunjukkan bahwa juara I diraih oleh wakil dari SMU Petra 1 Surabaya, juara II diraih oleh wakil dari SMU Negeri 5 Surabaya, dan juara III diraih oleh wakil dari SMU Petra 2 Surabaya.(ann/bch)

Berita Terkait