ITS News

Senin, 17 Juni 2024
15 Maret 2005, 12:03

Ine Demokan Cara Berhias Diri

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Anugerah Yang Maha Kuasa kepada manusia meliputi tiga komponen penting yaitu akal, fisik dan qolbu. Sudah sepatutnya pula bagi kita untuk mensyukuri anugerah Tuhan yang luar biasa ini, dengan memelihara dan mengembangkan potensi yang terkandung didalamnya sesuai ketentuan syariat-syariat yang ada.

Dalam kesempatannya, Ine Nova Ayu mengajak peserta seminar Kecantikan dan Kepribadian Bagi Muslimah berbagi pengalaman dalam seni merawat diri yang selama ini telah ditekuninya. Sebagai mantan model wajah Femina dan pengajar OKI Model’s, Ine memaparkan sejumlah tips merawat diri yang dibaginya menjadi tiga bagian, yaitu perawatan kulit wajah, rambut dan tubuh.

Dikatakannya, alat-alat kecantikan tidak akan mampu menutupi kondisi kesehatan kulit wajah, rambut maupun tubuh seseorang. Untuk perawatan kulit wajah, Ine menegaskan perlunya bagi seorang wanita mengetahui jenis wajahnya. "Jenis wajah akan mempengaruhi jenis produk kosmetik yang harus digunakan dalam merawat kulit wajah. Untuk jenis kulit wajah tertentu, harus diberikan perlakuan khusus dan tidak diperbolehkan memakai sembarangan produk kosmetik," ujar Ine.

Bagi mereka yang memiliki jenis kulit wajah normal akan lebih mudah merawatnya bila dibandingkan dengan jenis kulit berminyak atau kulit kering. "Kalau kulit wajahnya berminyak disarankan memakai krem malam dan krem mata jika sudah berusia di atas 25 tahun. Sedangkan yang berkulit kering lebih baik memakai krem malam yang berkadar air tinggi," kata wanita kelahiran 15 Nopember 1969 ini. Sementara itu, bagi yang kulitnya normal cukup memakai lotion pembersih atau sabun wajah, tambah Ine.

Berbeda dengan perawatan kulit wajah, perawatan rambut yang pelu dilakukan hanyalah mencuci rambut dengan teratur. Tingkat keseringannya juga tergantung pada jenis rambutnya, apakah itu berminyak, kering ataukah normal. "Yang paling penting untuk merawat rambut adalah keteraturan mencuci rambut, pemakaian jenis shampoo dan penggunaan sisir yang tepat. Juga disarankan memakai kondisioner setelah mencuci rambut sesuai kondisi rambut," terang Ibu dua anak ini.

Pada bagian perawatan tubuh, Ine hanya memberikan beberapa saran untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan bergizi dan olah raga menjadi syarat utama dalam menjaga kondisi tubuh. "Olah raga akan bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, menguatkan paru-paru dan jantung serta menyegarkan pikiran," ungkapnya. Sikap dan posisi tubuh yang benar juga salah satu rahasia tubuh yang luwes dan anggun.

Terakhir, Ine kembali menekankan kepada peserta seminar agar senantiasa bisa berpikir positif. "Nikmatilah hidup dengan optimis, tawakkal dan positive thinking. Itu adalah salah satu cara menjaga kebugaran tubuh," ujar Ine.

Dalam kesempatan terakhir, Ine menawarkan kepada peserta yang bersedia menjadi model demo berhias diri, khususnya dalam penggunaan produk perawatan wajah dan make up. Produk perawatan wajah dan make up yang menjadi sponsor kali ini adalah merek Wardah dan Zahra yang cukup terkenal di kalangan muslimah. Demo berhias diri yang ditampilkan Ine selama kurang lebih 30 menit ini mendapat sambutan hangat dari peserta.(sep/Lin)

Berita Terkait