ITS News

Senin, 04 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Indonesian Challenge Diikuti 19 Tim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rabu, 04 Feb 2004
Berlangsung di Bali, 6-12 Februari
SURABAYA –Para peserta dan perahunya kemarin sudah diberangkatkan ke Tanjung Benoa Bali dengan kapal perang KRI Teluk Banten dari dermaga TNI AL Armada Timur (Armatim) Ujung.

Tepat pukul 12.00, KRI Teluk Banten yang mengangkut 9 perahu peserta Indonesian Challenge bergerak menjauhi dermaga. "Kami akan berlayar ke Bali selama 32 jam dengan kapal perang ini," kata Ketua Panitia Indonesian Challenge 2004 Olloi M. Sialagan sebelum pemberangkatan.

Kapal perang ini, menurutnya, akan berjalan dengan kecepatan 9 knot. "Sengaja tidak cepat, karena guncangan akan besar. Apalagi kami membawa perahu peserta yang akan ditampilkan dalam kontes nanti," paparnya.

Selain membawa perahu, para peserta Indonesian Challenge juga membawa sekitar 150 orang peserta. Peserta dilepas Pembantu Rektor II ITS Ir Syarif Wijaya di dermaga Armatim. Dalam sambutannya, Syarif berpesan agar para peserta saling berkompetisi secara sehat. "Yang penting bukan kalah menangnya. Tetapi kemauan melestarikan budaya bahari bangsa ini," kata Syarif.

Para peserta juga akan tidur ala kadarnya di kapal perang. Mereka akan dipandu tim dari TNI AL dan wajib mengikuti aturan-aturan militer selama di kapal perang.

Pada Indonesian Challenge kali ini diikuti 19 tim. Dua di antaranya berasal dari luar negeri, yakni Inggris dan Prancis. Sedangkan 7 tim berasal dari ITS, yakni Poltek Perkapalan (2 tim), Teknik Kelautan (2 tim), Maritim Challenge (1 tim), dan UKM Air ITS (2 tim).

Selain itu dari Universitas Hang Tuah dan ITATS, UI, UGM, dan beberapa pemerintah daerah. "Ada satu tim eksebisi dari ITB," kata Olloi. (tom)

Berita Terkait