ITS News

Senin, 30 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

IE Purple Day : Kuatkan Hegemoni Teknik Industri

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada banyak kita yang dilakukan jurusan-jurusan di ITS agar diminati kalangan siswa SMU saat lulus nanti. Teknik Industri (TI) misalnya menggelar Try Out SPMB dan Open House se SMU Surabaya (09/02). Acara yang bertajuk "IE Purple Day" ini diikuti 700 siswa lebih ini betul-betul dimanfaatkan agar mereka tertarik untuk masuk TI.

"Walaupun jurusan kami sudah menjadi favorit, namun kami tetap berupaya agar TI tetap menjadi pilihan nomor satu saat mereka berniat kuliah, " terang Jauhar Gama, sekertaris umum Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI).

Tujuan serupa diungkap oleh Kurniadi, ketua pelaksana kegiatan. "Kami berupaya menjaga kualitas inputan jurusan kami. Siapa sih yang tidak mau kualitas adik-adiknya makin baik, " terangnya.

Meski dalam mengedapankan jurusan TI namun acara ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mempersiapkan diri menjelang SPMB. Seperti halnya Galih, siswa SMU 2. "Kalau saya sih maunya masuk kedokteran UNAIR, "papar Galih yang mengakui kesulitan saat meyelesaikan soal Try Out.

Hal yang sama diungkapkan Irene, siswi SMU 5. Ia berpendapat bahwa jurusan yang dipilih haruslah sesuai minat dan bakat masing-masing calon mahasiswa. Dengan begitu akan terjadi pengembangan diri ke arah yang positif saat menjalani bangku kuliah. "Saya sendiri milih TI, " katanya sembari tersenyum.

"Dari acara seperti inilah kita harapkan kualitas bahan baku yang masuk semakin baik, " sergah Kurniadi.

Jurusan-jurusan di ITS dan UNAIR merupakan pilihan favorit para siswa di Surabaya bahkan di Jawa Timur sekali pun. Di ITS, biasanya TI, Teknik Informatika, dan Teknik Elektro kerap menjadi rebutan ribuan calon mahasiswa. Padahal jatah yang tersedia paling banyak seratus. Sedangkan di UNAIR, kedokteran umum dan psikologi yang menjadi favorit.(ryo/har)

Berita Terkait