ITS News

Jumat, 02 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Ide Yang Utama, Modal Menyusul

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Salah kiranya, kalau seorang mahasiswa mengatakan tidak dapat terjun dalam dunia wirausaha karena hanya memiliki modal yang pas-pasan. Padahal pendidikan yang mereka miliki sekarang itu juga merupakan modal," terang Ir.Pratomo E. Tjahjono, seorang praktisi IT, dalam seminar "IT Entrepreneur," Rabu(26/2).

Sebelum memulai bisnis, tambahnya, hendaknya memiliki syarat utama antara lain bahan baku, potensi pasar, dan dana. Untuk masalah dana, itu merupakan persoalan yang mudah, asalkan bisnis yang akan dijalankan benar-benar menguntungkan. Hal itu bisa disiasati dengan menjalin kerjasama dengan pihak lainnya.

"Saya saja, baru menjalin kerjasama dengan sebuah bengkel terbesar di Surabaya. Ia tidak memiliki apa-apa hanya sebuah komputer yang letaknya di belakang. Semua itu kami menginvestasikan dana sebesar 2 Milyar. Tapi, yang kami butuhkan idenya,"tuturnya.

Ia pun menyarankan agar para mahasiswa mulai sekarang berwirausaha meski dalam skala kecil. Mereka bisa menjalin aliansi dengan teman-temannya. "Setelah itu baru bisa dikembangkan menjadi Franchise,"katanya.

Berkaitan dengan itu, Martin K., Direktor techno Sam-Design, menyatakan bisnis menggunakan internet itu memerlukan suatu design web yang mampu menjelaskan tentang usaha kita kepada konsumen atau rekan bisnis. "Desain itu bagus ,bila dapat mengungkapkan apa yang ingin disampaikan,"jelasnya.

Pembuatan design web sendiri harus memiliki dasar berikut ini ; kuminikatif, sesuai dengan target, sederhana, dan bagus di pandang. Untuk menuju pada desain web seperti itu memerlukan berbagai proses mulai membandingkan dengan situs lain dalam bidang yang sama sampai dengan aplikasi-aplikasi apa saja yang akan di tampilkan.

"Dalam membuat desain situs klik BCA kami harus membandingkan dengan situs perbankan yang ada di luar maupun di dalam negeri. Inilah salah satu proses untuk membuat desain web yang bagus," terangnya.(rom/har)

Berita Terkait