ITS News

Jumat, 27 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Himasika Prakarsai Forum Mahasiswa Fisika seJatim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kurangnya perhatian pemerintah khususnya di bidang sains serta "raw material" dari mahasiswa Fakultas MIPA, khususnya jurusan Fisika yang kebayakan 'kelas dua' (Baca: pilihan terakhir,red), mendapat sorotan tajam dari Forum Komunikasi Mahasiswa Fisika Se Jawa Timur. Pasalnya, selama ini kedua faktor itulah menjadi kendala utama bangkitnya ilmu pengetahuan di kalangan masyarakat.

Itulah salah satu, bahasan dalam forum yang diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMASIKA) ITS ini. Karena pertemuan ini dikhususkan untuk Perguruan tinggi wilayah Jawa Timur. Tak heran, jika peserta yang mengahadiri sekitar 10 mahasiswa saja. Mereka berasal dari UNAIR Surabaya,Univeristas Merdeka Malang, UNIBRAW Malang, dan UNEJ Jember. "Maklum, soalnya perguruan tinggi di Jawa Timur yang ada Jurusan Fisika-nya sedikit," jelas Iqbal Sanni, Ketua Pelaksana.

Pembentukan forum ini, bertujuan untuk menjadi tempat untuk bertukar informasi dan kemajuan Ilmu Fisika dari berbagai universitas di Jatim. Pasalnya, ada banyak orientasi bidang yang dikembangkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi (PT) yang berbeda antar satu dengan lainnya. Misalnya, UNAIR yang berorientasi pada fisika medis, ITS pada industri, dan beberapa Universitas yang mengacu pada Pendidikan Fisika . "Pertemuan ini diharapkan dapat sebagai wadah bagi mahasiswa Fisika untuk berkomunikasi," Terang mahasiswa angkatan 99 ini.

Lantas, forum yang baru lahir ini menurut rencananya akan diadakan rutin setiap tahun. Dimana akan diadakan simposium mahasiswa fisika sebagai ajang keilmiahan. Serta agenda-agenda lainnya. Selain itu, pertemuan ini juga menjadi tahap persiapan untuk Temu Mahasiswa Fisika Nasioanl se-Indonesia tahun depan. "Kami ingin mensosialisasikan bahwa ITS akan menjadi tuan rumah pada acara akbar tersebut," tegasnya.(blh/rom/bch)

Berita Terkait