ITS News

Selasa, 04 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

High Performance Team Building – UPT Perpustakaan ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegiatan ini tidak seperti biasanya yang selalu diadakan dalam ruangan tetapi ditambah dengan kegiatan luar "outbond activities". Acara ini diadakan di Claket, Pacet, Pasuruan dengan suasana hutan dan udara segar nan sejuk yang cenderung dingin.

Kegiatan dalam ruangan diwarnai dengan menumbuhkan kepercayaan diri, bahwa setiap manusia dilahirkan sebagai pemenang. The Winner (pemenang) bukan the Looser (pecundang). The winner selalu berusaha keras, berpikir positif, optimis, tidak ada kata tidak bisa , melihat sisi terang, berprasangka baik kepada Pencipta, percaya diri, dll. Intinya pada materi Self Assesment, Find Be dan Love Yourself adalah memahami tipe dan karakter diri, memahami tipe, ciri dan potensi positif orang lain dan memahami anugerah otak yang diberikan sang Pencipta.

Materi pelatihan memang didesain berdasarkan pertimbangan bahwa entititas manusia terdiri dari 3 aspek yaitu aspek fisik, mental maupun spiritual. Sehingga pelatihan luar biasa ini dapat menyentuh 3 aspek tersebut. Hal ini dapat menyehatkan jasmani, mendidik pikiran dan memperkaya jiwa, serta membangun rasa percaya diri yang positif.

Untuk materi Team Building meliputi rahasia kekuatan tim, setelah mengetahui kemampuan diri dan bersinergi dalam meningkatkan produktivitas. Kegiatan ini diadakan diluar ruangan, di hutan heterogen dengan jurang yang cukup dalam. Kegiatan outbond dikemas dengan game dengan pesan moral yang bernilai cukup tinggi. Game tersebut adalah Rappelling yaitu memanjat dua buah tali besar yang diikatkan antara 2 pohon di atas jurang dengan ketinggian sekitar 8 meter. Peserta satu demi satu disuruh berjalan miring dengan kaki menyentuh tali bawah dan dua tangan berpegangan pada tali atas. Luar Biasa. Game ini merupakan pertarungan melawan diri sendiri. Peperangan yang maha dahsyat setiap saat. Diri sendiri. Bukan orang lain.

Permainan borgol yaitu permainan yang menyatukan dua hati, dua emosi dan dua nalar untuk bisa keluar dari borgol. Suatu permainan yang mengajarkan betapa penting saling bekerjasama, menghargai ide orang lain, bukan otot yang bekerja tetapi justru menguasai emosi untuk menemukan peluang kecil agar terbebas dari jeratan borgol.
Mengeluarkan bola pimpong dari bak dengan mencurahkan air lewat pipa kecil–besar atau besar–kecil dan spider net yang mementingkan kerja kelompok. Permainan ini memerlukan perencanaan, strategi yang cukup matang, menghargai ide orang lain dan yang tak kalah penting adalah pengendalian emosi diri. Hal ini merupakan kunci utama keberhasilan tim.

Permainan lain adalah step-by-step, permainan ini dianggap sebagai penggung kehidupan. Permainan yang bertumpu kecerdasan otak, kerjasama tim, menghargai konsep, ide dan gagasan orang lain, serta pengendalian emosi yang paling dalam. Sebelum permainan dimulai, instruktur menyarankan untuk disimulasikan. Dan jika sudah matang betul, baru dapat dilakukan, karena rewards dan punishment berlaku di panggung kehidupan ini. Bagi kelompok yang telah matang di simulasi, tapi gagal di panggung step by step, maka push-up sebagai punishment harus dengan sadar dinikmati.

Tujuan diadakan pelatihan High Performance Team Building ini adalah :
a. membangun kesadaran kecermelangan diri;
b. mengembangkan rasa percaya diri, pengelolaan motivasi dan kemampuan leadership;
c. mengembangkan kemampuan inisiatif dan problem solving;
d. melatih sikap saling percaya dengan orang lain, komunikasi empatik dan kerjasama tim;
e. mengembangkan kemampuan manajemen konflik secara positif.

Secara keseluruhan pelatihan ini cukup mengesankan karena sentuhan-sentuhan moral sangat menggelitik hati dan mengubah cara pandang yang akhirnya mampu mengerti arti kehidupan. Hidup pada hakekatnya adalah memaknai. (Ach/bch)

Berita Terkait